Show simple item record

dc.contributor.authorDrs. I GUSTI MADE RAI SENTANU
dc.date.accessioned2014-01-25T04:55:29Z
dc.date.available2014-01-25T04:55:29Z
dc.date.issued2014-01-25
dc.identifier.nimNIM070820101048
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24108
dc.description.abstractDinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tabanan – Bali adalah salah satu dinas yang berada dalam lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan, berkewajiban menyelenggarakan pengelolaan kepada guru dalam menyelenggarakan pendidikan tingkat dasar dan menengah kepada masyarakat di dalam wilayah Pemerintah Kabupaten. Tujuan pengelolaan bagi para guru adalah untuk meningkatkan kualitas, kinerja, profesionalisme dan kesejahteraan guru dalam menjalankan tugasnya masing-masing untuk menjalankan pendidikan kepada masyarakat. Sekarang ini, good governance tidak sekedar menuntut adanya transparansi kerja, tetapi yang lebih penting lagi adalah peningkatan kinerja setiap orang yang terlibat dalam operasional roda pemerintahan di daerahnya masingmasing (termasuk bidang pendidikan). Motivasi pada dasarnya merupakan kondisi mental yang mendorong dilakukannya suatu tindakan dan memberikan kekuatan yang mengarah kepada pencapaian kebutuhan, memberi kepuasan ataupun mengurangi ketidak seimbangan. Lingkungan kerja adalah situasi dan kondisi lingkungan yang dapat menciptakan motivasi seorang karyawan untuk bersedia melaksanakan kegiatan kerja dengan kinerja yang baik. Selain itu, ada satu hal yang sangat berpengaruh terhadap kinerja karyawan dalam menjalankan pekerjaannya, yaitu : stres. Stres adalah tekanan dari lingkungan yang mempengaruhi emosi, proses berpikir dan mengakibatkan timbulnya tanggapan negatif (distress) atau tanggapan positif (eustress) secara psikologikal dan fisikal dari individu yang terkena (Sigit,2003:213). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) perbandingan pengaruh motivasi, lingkungan kerja dan tingkat stres terhadap tingkat kinerja guru sekolah menengah atas negeri dan swasta yang berada di wilayah Kabupaten Tabanan, (2) faktor apakah yang berpengaruh dominan terhadap kinerja guru sekolah menengah atas negeri dan swasta yang berada di wilayah Kabupaten Tabanan. Hasil temuannya adalah : (1) pengaruh motivasi, lingkungan kerja dan tingkat stres terhadap kinerja guru sekolah menengah atas negeri dan swasta yang berada di wilayah Kabupaten Tabanan, memiliki kemiripan pola. Motivasi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru SMA negeri dan swasta. Stres berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja guru SMA negeri dan swasta. Lingkungan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru SMA negeri dan swasta; (2) pada SMA Negeri di wilayah Kabupaten Tabanan, variabel yang berpengaruh dominan terhadap kinerja guru adalah lingkungan kerja. Pada SMA Swasta di wilayah Kabupaten Tabanan, variabel yang berpengaruh dominan terhadap kinerja guru adalah motivasi. Guru-guru SMA Swasta sebagian besar merupakan guru non PNS memiliki gaji/honor sesuai dengan kemampuan sekolah tersebut dalam membiayainya. Ini merupakan tantangan yang memotivasi para guru untuk tetap bertahan dan bisa menghasilkan kinerja yang baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070820101048;
dc.subjectANALISIS PERBANDINGAN PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN KERJA DAN STRES TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DAN SWASTA DI KABUPATEN TABANANen_US
dc.titleANALISIS PERBANDINGAN PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN KERJA DAN STRES TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DAN SWASTA DI KABUPATEN TABANANen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record