dc.description.abstract | Sekarang ini, guru pada SMP dituntut paling sedikit memiliki latar belakang
pendidikan strata-1 (S1) pada berbagai bidang keilmuan, seperti : matematika, sejarah,
bahasa Indonesia, dan lain-lain. Di satu sisi, masih banyak guru SMP yang belum
memenuhi syarat kualifikasi seperti itu. Di Kabupaten Tabanan, masih ada sekitar
42,00% guru SMP yang belum memenuhi kualifikasi tersebut. Tentu ada hambatanhambatan
yang cukup signifikan mengapa hal tersebut harus terjadi. Faktor-faktor
yang menjadi penghambat bagi guru dalam meneruskan pendidikan formal pada
jenjang yang lebih tinggi daripada jenjang pendidikan sebelumnya bisa berupa : (a)
faktor usia; (b) faktor pembiayaan; (c) faktor motivasi; (d) faktor urutan; (e) faktor
kelangkaan bidang ilmu; dan faktor-faktor lainnya.
Berdasar latar belakang di atas, dapat dikemukakan rumusan permasalahan
dalam penelitian ini, yaitu :
1. Apakah faktor-faktor usia guru, pembiayaan, motivasi, kebijakan urutan,
kelangkaan bidang ilmu; merupakan faktor penghambat bagi guru dalam
melanjutkan pendidikan formal pada jenjang yang lebih tinggi daripada jenjang
pendidikan sebelumnya ?
2. Dari faktor-faktor tersebut, manakah faktor penghambat yang dominan ?
Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Diskriminan Dua Kelompok
atau Two Groups Discriminant Analysis (2GDA). Penelitian menunjukkan fungsi
diskriminan yang dihasilkan adalah : Zi = - 0,147 X1i + 0,814 X2i - 0,251 X3i + 0,364
X4i + 0,213 X5i + ei. Di mana, Zi = keputusan guru SMP untuk mengikuti atau tidak
mengikuti program pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi; X1 = faktor usia; X2 =
persepsi terhadap motivasi diri; X3 = persepsi terhadap pembiayaan untuk kuliah; X4
= faktor urutan guru untuk mengikuti perkuliahan; dan X5 = kelangkaan bidang ilmu
pada perguruan tinggi penyelengara. Total akurasi fungsi diskriminan = 90,00%.
Ada dua variabel yang berpengaruh negatif terhadap keputusan guru untuk
melanjutkan pendidikan formalnya atau tidak, yaitu : faktor pembiayaan dan usia.
Kedua variabel ini merupakan faktor penghambat guru untuk melanjutkan pendidikan
formalnya ke jenjang yang lebih tinggi. Motivasi, kebijakan urutan yang diterapkan
oleh sekolah, dan kelangkaan bidang ilmu berpengaruh positif terhadap keputusan
guru untuk melanjutkan pendidikan formalnya ke jenjang yang lebih tinggi atau tidak.
Motivasi merupakan variabel yang berpengaruh positif terbesar terhadap keputusan
guru untuk melanjutkan pendidikan formalnya ke jenjang yang lebih tinggi. Pengaruh
variabel kelangkaan bidang ilmu ini merupakan variabel dengan pengaruh positif
terkecil. | en_US |