• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL DI KELAS VII B SMP MUHAMMADIYAH 2 KALISAT TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    K (294)k_1fkip.pdf (458.5Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    Taufik Hidayat
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan merupakan salah satu penentu maju mundurnya suatu bangsa. Dengan meningkatkan mutu pendidikan maka akan meningkat pula sumber daya manusia (SDM) sebagai subjek pembangunan. Namun hingga saat ini mutu pendidikan di Indonesia masih sangat rendah, khususnya dalam bidang matematika. Di SMP Muhammadiyah 2 Kalisat hasil belajar siswa pada pokok bahasan Aritmetika Sosial hanya 50% siswa yang tutas belajarnya (lihat lampiran 26), hal tersebut dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga aktivitas siswa menjadi pasif dan cenderung hanya menerima dari guru. Sehingga perlu adanya penerapan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode Pembelajaran Problem Solving adalah pembelajaran yang menerapkan empat komponen. Komponen tersebut didasarkan pada pendapat Polya, yaitu Define, Plan, Carry Out Plan, dan Look Back. Dalam pembelajaran ini siswa dibagi dalam kelompok kecil yang anggotanya berasal dari siswa yang memiliki kemampuan berbeda. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Tanggart yaitu model skema yang menggunakan prosedur yang dipandang sebagai suatu siklus spiral. Siklus ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang kemudian diikuti siklus spiral berikutnya. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 2 Kalisat yang berjumlah 28 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi,
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23391
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4204]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository