Show simple item record

dc.contributor.authorRhiza Fajar H.
dc.date.accessioned2014-01-24T05:10:27Z
dc.date.available2014-01-24T05:10:27Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM080810201046
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23334
dc.description.abstractPenelitian ini berjudul “Analisis Positioning Warung Kopi Cak Wang di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peta positioning dari Warung Kopi Cak Wang berdasarkan persepsi konsumen di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 60 orang. Variabel yang digunakan adalah variabel atribut determinan berdasarkan persepsi konsumen yang terdiri dari produk, harga, promosi, lokasi, proses, orang, dan bukti fisik masing - masing usaha. Alat analisis adalah Multi Dimensional Scalling (MDS). Multi Dimensional Scalling (MDS) digunakan untuk mengukur obyek - obyek dalam ruangan multi dimensional yang didasarkan pada penilaian responden mengenai kemiripan (similarity) obyek-obyek tersebut. Analisis Multi Dimensional Scalling (MDS), menggunakan teknik multivariat dalam golongan interdependenced technique, yaitu kedudukan setiap variabel sama, tidak ada variabel dependen dan variabel independen. Analisis Multi Dimensional Scalling (MDS), juga salah satu prosedur yang digunakan untuk memetakan persepsi para responden secara visual dalam peta geometri. Peta geometri tersebut yang disebut perceptual map, yaitu peta yang menunjukkan obyek mana yang sangat mirip dan mana yang sangat tidak mirip. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan posisi masingmasing usaha berdasarkan persepsi konsumen dan menunjukkan bahwa usaha Warung Cathe merupakan pesaing terdekat atau pesaing langsung (direct competitor) dari usaha Warung Kopi Cak Wang, terutama menyangkut promosi, lokasi, dan proses. Usaha Warung Nongkrong dan Warung Katakopi tidak mempunyai pesaing langsung (indirect competitor) karena memiliki perbedaan terbesar atau diferensiasi yang jelas dan unik. Usaha Warung 1991 Coffe tidak memiliki positioning yang kuat atau jelas, karena tidak mempunyai banyak kemiripan dan juga tidak mempunyai banyak perbedaan dengan usaha warung lainnya dibenak konsumen. Hasil dari uji konsistensi dan kesamaan sikap responden juga menunjukkan bahwa responden tidak memiliki kesamaan sikap dalam menilai kemiripan usaha warung yang ada.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080810201046;
dc.subjectPeta Positioning, Persepsi, Kemiripan, Perbedaan dan Atributen_US
dc.titleANALISIS POSITIONING WARUNG KOPI CAK WANG DI KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record