Show simple item record

dc.contributor.authorLilis Indriani
dc.date.accessioned2014-01-24T01:52:07Z
dc.date.available2014-01-24T01:52:07Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM060210193195
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23074
dc.description.abstractSelama ini pembelajaran biologi lebih banyak berpusat pada guru sehingga tidak mendorong kreativitas siswa. Keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar mengajar sangat kecil. Ini yang menyebabkan siswa enggan berpikir, sehingga timbul perasaan jenuh dan bosan dalam mengikuti pelajaran biologi. Akibat dari sikap siswa tersebut, maka dapat dipastikan hasil belajarnya kurang memuaskan, dalam arti tidak memenuhi batas tuntas yang ditetapkan sekolah. Dari hasil observasi guru biologi jarang menggunakan metode eksperimen, sehingga motivasi siswa berkurang. Kondisi seperti itu dapat menimbulkan kejenuhan bagi siswa karena pembelajaran yang disajikan kurang menarik sehingga akan berpengaruh pada hasil belajar dan tujuan pendidikan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa setelah penerapan model cooperative learning tipe TAI (Team Assisted Individualization) dengan metode eksperimen pada siswa kelas IX B semester gasal 2010-2011 di SMP Negeri 2 Ambulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu (a) tahap observasi; dan (b) tahap pelaksanaan tindakan. Tahap pelaksanaan tindakan pembelajaran menggunakan model cooperative learning tipe team assisted individualization dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan tes hasil belajar sebanyak dua kali. Komponen-komponen pokok dalam setiap siklus viii adalah: perencanaan atau planning, tindakan atau acting, pengamatan atau observing, refleksi atau reflecting. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa dalam aspek attitude mengalami kenaikan sebesar sebesar 0,9%, dimana sebelum siklus I hanya mencapai 23,8% menjadi 24,7% pada akhir siklus II. Untuk aspek relevance mengalami peningkatan sebesar 0,5% , yaitu dari sebelum siklus sebesar 21,6% menjadi 22,1% pada akhir siklus II. Sedangkan aspek confidence mengalami peningkatan sebesar 0,6% yaitu sebelum siklus I sebesar 21,9 menjadi 22,5 pada akhir siklus II. Dan untuk aspek satisfaction mengalami peningkatan sebesar 0,8%, dimana dari sebelum siklus I sebesar 24,9 menjadi 25,7 pada akhir siklus II. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar setelah penerapan model cooperative learning tipe TAI (Team Assisted Individualization) dengan metode eksperimen pada siswa kelas IX B semester gasal 2010-2011 di SMP Negeri 2 Ambulu dalam aspek kognitif dimana pada siklus I sebesar 66,7% meningkat sebanyak 14,3% menjadi 81%, dengan nilai rata-rata siklus I sebesar 67,5 dan pada siklus II sebesar 80,9. Untuk nilai afektif juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 65,8 dengan nilai ketuntasan 69,1% pada siklus II menjadi 73,3 dan ketuntasan 88,1%. Mengalami peningkatan sebesar 7,5 dan ketuntasan sebesar 19%. Sedangkan untuk nilai psikomotorik dari siklus I sebesar 60,7 dengan ketuntasan 69,1% pada siklus II menjadi 82,7 dengan ketuntasan 83,3%, mengalami peningkatan sebesar 62 dan ketuntasan sebesar 14,2%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model cooperative learning tipe TAI (Team Assisted Individualization) dengan metode eksperimen dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Peneliti berharap dari penelitian ini guru hendaknya selalu melakukan inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210193195;
dc.subjectPenerapan Model Cooperative Learning Tipe TAI (Team Assisted Individualization)en_US
dc.titlePENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX SEMESTER GASAL 2010/2011 SMP NEGERI 2 AMBULUen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record