• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN PATRON-KLIEN DALAM INDUSTRI BATU BATA DI PROBOLINGGO

    Thumbnail
    View/Open
    Riska Ayu Dwi Harnita.pdf (196.4Kb)
    Date
    2013-12-02
    Author
    Riska Ayu Dwi Harnita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di Desa Klenang Lor, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara sebagai alat memperoleh data primer, serta dokumentasi untuk memperoleh data sekunder. Teknik keabsahan data dilakukan dengan melakukan cross check data dengan membandingkan data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya proses analisis data meliputi kegiatan memilah data, mengintepretasi data dengan teori yang sesuai, penyajian data kemudian dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan secara umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan patronklien dalam industri batu bata menunjukkan hubungan yang kurang seimbang dan hubungan yang seimbang. Ketidakseimbangan terlihat dalam pembagian hasil penjualan batu bata, pekerja mendapatkan pendapatan yang jauh lebih sedikit bila dibandingkan dengan pendapatan juragan. Sedangkan dalam kondisi seimbang ketika melibatkan hubungan yang berdimensi ekonomi dan berdimensi hubungan sosial. Hubungan dalam dimensi ekonomi dilandasi dengan adanya rasa ketergantungan di antara keduanya. Pekerja membutuhkan pekerja untuk mendapatkan pekerjaan dan viii upah, sedangkan juragan membutuhkan pekerja untuk mengerjakan proses produksi agar proses pemasaran dapat berjalan lancar sehingga penghasilan juragan tetap terkontrol. Sedangkan hubungan dalam dimensi sosial dilandasi dengan adanya rasa kepercayaan juragan kepada pekerja setiap kali memberikan pinjaman, kepercayaan itu dibalas dengan kejujuran pekerja yang selalu tepat melunasi hutang-hutangnya. Selain itu kebaikan yang diberikan juragan kepada pekerja dibalas dalam bentuk loyalitas yang tinggi pekerja kepada juragannya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/2304
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12394]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository