Pengaruh Jember Fashion Carnaval (JFC) terhadap Identitas Budaya Kota Jember sebagai Trendsetter Pariwisata Budaya bagi Kota-kota Lain di Indonesia
Abstract
Jember Fashion Carnaval
Keberadaan JFC di Kab. Jember selain berpengaruh pada sektor ekonomi
juga berpengaruh pada sektor politik dan sektor sosial budaya masyarakatnya
juga. Dalam sektor sosial budaya masyarakat Jember, JfC mampu mengubah
paradigma orang tentang Identitas Jember yang semula Jember sebagai kota
religius beralih menjadi Jember kota mode/fashion atau setidaknya Jember
mengalami tiga kali perubahan identitas budaya yaitu Jember Kota tembakau,
Jember Kota santri dan terakhir Jember Kota mode/fashion.
Dalam keberadaannya JFC telah menjadi atmosfir kesegaran baru bagi
dunia pariwisata Indonesia khususnya bagi Kota Jember. JFC mengalami
kemajuan pesat dan kesuksesan, pemberitaan akan JFC ada dimana-mana baik
lokal, Nasional ataupun Internasional hal itulah yang menjadikan kota-kota lain
ingin meniru keberhasilan Jember. Gelombang pembentukan event-event sejenis
sudah dimulai dan hal tersebut menjadikan JFC sebagai trendsetter dalam
kreatifitasnya.
Objek kajian dari PKN ini adalah meneliti tentang pengaruh Jember
Fashion Carnaval erhadap identitas budaya kota Jember sekaligus menjadi
trendsetter kota-kota lain di Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat
diketahui bahwa meskipun JFC sebagai pendobrak baru dunia kepariwisataan
Indonesia, kedahsyatannya menjadikan JFC sebagai trendsetter event-event
carnaval sejenis di kota-kota lain. Tetapi justru kedahsyatan yang menyebabkan
pentrendsetteran JFC akan menyebabkan bumerang balik bagi JFC, semakin
banyak event-event sejenis di seluruh Indonesia, semakin biasa saja
JFC, atau malah ditinggalkan oleh peminatnya. Dan pencitraan Jember sebagai
Kota mode/ fashion diambang kebimbangan. Untuk mencapai kesuksesan terus
dalam bidang kepariwisataan diharapkan antara pihak Kantor Pariwisata Jember
dan JFC dapat bekerja sama dengan baik dan lebih mengeksplor daya kreatifnya
demi kemajuan Jember mendatang.