Show simple item record

dc.contributor.authorYeni Rahmawati
dc.date.accessioned2014-01-23T23:33:12Z
dc.date.available2014-01-23T23:33:12Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM050210102001
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22706
dc.description.abstractRealita di lapangan menunjukkan bahwa kondisi pembelajaran fisika sampai saat ini masih diajarkan melalui pembelajaran konvensional atau terkesan hanya sebagai proses transfer pengetahuan dari pikiran guru ke dalam pikiran siswa, sehingga rata-rata hasil belajar Fisika siswa masih rendah. Pembelajaran Tutor Sebaya dengan Strategi ETH dapat memberikan kondisi belajar mandiri siswa yang menyenangkan, meningkatkan ketrampilan sosial dan aktivitas siswa, membantu siswa dalam memahami dan menguasai konsep-konsep fisika yang telah dipelajari melalui kegiatan atau belajar dengan teman sebayanya secara berkelompok, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan Pembelajaran Tutor Sebaya dengan Strategi ETH dan menggunakan pembelajaran konvensional pada pembelajaran fisika di SMA; (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam proses pembelajaran fisika menggunakan Pembelajaran Tutor Sebaya dengan Strategi ETH pada pembelajaran fisika di SMA; Penentuan tempat penelitian dengan purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Probolinggo. Populasi dari penelitian adalah siswa kelas XI IPA. Sampel ditentukan dengan menggunakan uji perbedaan mean disebabkan dari keempat kelas IPA yang ada pada uji homogenitas, hasilnya tidak homogen. Sehingga, dari uji perbedaan mean diperoleh dua kelas yang digunakan untuk penelitian, kemudian melalui teknik pengundian, diperoleh 1 kelas sebagai kelas eksperimen yang menerima Pembelajaran Tutor Sebaya dengan Strategi ETH viii yakni kelas XI IPA II dan 1 kelas sebagai kelas kontrol yang menerima Pembelajaran Konvensional yaitu kelas XI IPA I. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah desain Control group pre-test post-tes. Teknik pengumpulan data meliputi observasi,dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: (1) uji taraf signifikan perbedaan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan pembelajaran tutor sebaya dengan strategi ETH dan hasil belajar fisika siswa menggunakan pembelajaran konvensional; (2) uji aktivitas siswa selama pembelajaran, berturut-turut menggunakan rumus; t =     ( ) MM t tabel -+ ∑+∑ YX - yx 22 ; dan P ix a = A N x 100 % Analisis data dengan menggunakan uji t menunjukkan hasil t = 1,99, sehingga t hitung > t maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Jadi ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan Pembelajaran Tutor Sebaya dengan Strategi ETH dan pembelajaran konvensional. Dari analisis data hasil penelitian untuk uji aktivitas, didapatkan persentase rata-rata aktivitas siswa tiap indikator dari pertemuan I, II, dan III sebagai berikut : indikator memperhatikan penjelasan tutor, bertanya pada tutor, pengerjaan LKS, bekerja kelompok, dan presentasi berturut-turut 82,35%, 76,47%, 85,62%,87,25%,dan 80,39%. Adapun persentase aktivitas siswa secara klasikal sebesar 82,42 %, yang termasuk pada kriteria aktivitas siswa yang sangat aktif. tabel hitung Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran tutor sebaya dengan strategi ETH dan menggunakan pembelajaran konvensional pada pembelajaran fisika kelas XI IPA pada pokok bahasan Usaha dan Energi, semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010 di SMA Negeri 1 Probolinggo; (2) Aktivitas belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran tutor sebaya dengan strategi ETH pada pokok bahasan Usaha dan Energi kelas XI IPA SMA Negeri 1 Probolinggo semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010 termasuk dalam kategori sangat aktif;en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210102001;
dc.subjectEVERYONE IS A TEACHER HEREen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DENGAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record