dc.description.abstract | Pentingnya peranan matematika dalam kehidupan, maka perlu adanya
peningkatan pembelajaran matematika salah satunya dengan penerapan model
pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman matematika. Pembelajaran
kooperatif tipe NHT merupakan suatu model pembelajaran yang menerapkan lima
langkah dasar yaitu penomoran, mengajukan pertanyaan, berpikir bersama, menjawab
dan memberikan penghargaan. NHT ini melibatkan lebih banyak siswa dalam
menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman
mereka terhadap isi pelajaran (konsep). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji
penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT pada pokok bahasan sistem persamaan
linier dua variabel, untuk mengetahui aktivitas belajar siswa selama proses
pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT, dan
untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bertempat di SMAI
Ra’iyatul Husnan Wringin Bondowoso. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas X-1 semester ganjil tahun ajaran 2010/2011. Data diambil dengan
menggunakan metode tes, wawancara, observasi/pengamatan dan pencatatan
lapangan. Analisis data yang digunakan adalah aktivitas siswa dan ketuntasan hasil
belajar siswa.
Hasil penelitian yang diperoleh selama pembelajaran kooperatif tipe NHT di
SMAI Ra’iyatul Husnan Wringin Bondowoso dapat meningkatkan aktivitas belajar
siswa. Peningkatan tersebut didasarkan pada hasil observasi pada seluruh kategori
aktivitas siswa setiap siklusnya. Jadi aktivitas siswa mengalami peningkatan dari
setiap siklusnya. Pembelajaran kooperatif tipe NHT ini juga meningkatkan ketuntasan
belajar. Hal ini ditunjukkan dari persentase ketuntasan secara klasikal pada siklus I
mencapai 71,11% dan siklus II mencapai 80%, dengan demikian ada peningkatan
ketuntasan belajar sebesar 8,89%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan
aktivitas siswa dan ketuntasan belajar siswa kelas X-1 SMAI Ra’iyatul Husnan
Wringin Bondowoso dengan mengunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT. | en_US |