Show simple item record

dc.contributor.authorENDAR DWI AGUSTIEN
dc.date.accessioned2014-01-23T08:36:20Z
dc.date.available2014-01-23T08:36:20Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM071910301077
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22439
dc.description.abstractManajemen lalu lintas merupakan pengelolan dan pengendalian arus lalu lintas dengan melakukan optimasi penggunaan prasarana yang ada. Salah satu tujuannya adalah meningkatkan dan memperbaiki keselamatan dari pengguna jalan sebaik mungkin. Zona Selamat Sekolah (ZoSS) merupakan salah satu program inovatif dalam bentuk zona kecepatan berbasis waktu yang dapat digunakan untuk mengatur kecepatan kendaraan di area sekolah pada jam tertentu. Evaluasi untuk penggunaan Zona Selamat Sekolah perlu dilakukan untuk mengetahui seperti apa karakteristik penggunaan Zona Selamat Sekolah di kota Jember ditinjau dari kondisi kelengkapan, pemakai jalan, kecepatan kendaraan, dan volume lalu lintas. Studi dilakukan di kota Jember pada Sekolah Dasar Kepatihan 2 di jalan Ahmad Yani dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 di jalan Brawijaya. Data yang digunakan adalah data primer meliputi perilku penyeberang/pengantar, kecepatan sesaat, volume lalu lintas, dan geometrik jalan, serta data sekunder meliputi peta lokasi, dan jumlah murid. Data perilaku penyeberang/pengantar dan kecepatan dianalisis berdasarkan SK 3236/AJ 403/DRJD/2006, sedangkan volume lalu lintas dianalisis menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Setelah hasil analisa maka dapat diketahui kecepatan, perilaku penyeberang dan pengantar sudah mematuhi peraturan yang berlaku di lokasi ZoSS atau belum. Hasil penelitian menyatakan bahwa kelengkapan ZoSS belum sesuai dengan pedoman. Tidak semua rambu di gunakan di area zona selamat sekolah seperti rambu peringatan area zona selamat sekolah, rambu peringatan larangan parkir, dan rambu petunjuk tempat penyeberangan. Ditinjau dari karakteristik pemakai jalan dan kecepatan dapat disimpulan bahwa hanya perilaku penyeberang yang sudah memenuhi prosedur penggunaan ZoSS, sedangkan kecepatan dan perilaku pengantar masih belum memenuhi terutama pada periode pagi. Kedua lokasi penelitian masih berada pada tingkat pelayanan B yang berarti bahwa pada lokasi ZoSS, arus lalu lintas masih stabil dan kecepatan mulai dibatasi oleh kondisi lalu lintas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries071910301077;
dc.subjectKarakteristik Penggunaan Zona Selamaten_US
dc.titleKARAKTERISTIK PENGGUNAAN ZONA SELAMAT SEKOLAH DI KOTA JEMBER (STUDI KASUS JALAN AHMAD YANI DAN JALAN BRAWIJAYA)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record