Now showing items 341-360 of 1352

    • Analisis Respon Guru Matematika SMP Negeri Kelas VII di Kabupaten 

      Ida Fitriyani; Sunardi; Nurcholif Diah Sri Lestari (UNEJ, 2015)
      Kurikulum 2013 diimplementasikan mulai tahun ajaran 2013/2014. Pro-kontra tentang implementasi kurikulum 2013 tidak dapat dihindari, karena bagi sejumlah guru merasa masih sulit dalam menerapkan kurikulum 2013. Respon ...
    • PERANAN PADEPOKAN SENI GEMA BUANA DALAM PEMBANGUNAN PARIWISATA 

      Harpen Dwi Jaksana; Bambang Soepeno; Sumarno (UNEJ, 2015)
      Pelestarian budaya menjadi suatu hal yang penting di era globalisasi. Kebudayaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia ataupun dalam lingkup yang lebih kecil yaitu budaya daerah tertentu harus diperhatikan lebih serius. Pemerintah ...
    • Strategi Pemenuhan Biaya Pendidikan Anak Pada Keluarga Tukang Becak Di Desa Tanggul 

      Fitria Isnaini; Pudjo Suharso; Sri Kantun (UNEJ, 2015)
      Pendidikan merupakan hal yang penting dalam kehidupan manusia dan sebagai investasi seseorang untuk jangka panjang, bahkan untuk mendapatkan pendidikan banyak orang yang memaksakan diri, termasuk juga tukang becak kayuh ...
    • Analisis Materi dan Metode Penyajian Buku Teks Matematika SMP Kelas 

      Firdausi Nisa; Sunardi; Nurcholif Diah Sri Lestari (UNEJ, 2015)
      Keberadaan buku teks matematika kurikulum 2013 terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sangat berperan penting didalam menjalankan kurikulum 2013. Materi dan metode penyajian pada buku tersebut harus sesuai ...
    • HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN PENGGUNAAN MEDIA BALOK DENGAN PERKEMBANGAN 

      Febtian Dwi Restanti; AT.Hendra Wijaya; Niswatul Imsiyah (UNEJ, 2015)
      Data awal yang diperoleh melalui wawancara dan observasi menunjukkan bahwa hampir sebagian besar anak di kelas TK IT Al Husna Kelas A memiliki tingkat perkembangan kognitif yang belum maksimal, hal tersebut terjadi karena ...
    • Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) 

      YUNANDASARI, Febry Dwi; SURATNO; HARIANI, Sulifah Aprilya (UNEJ, 2015)
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan assessment tipe ...
    • PROFIL HOME INDUSTRI KERAJINAN SANGKAR BURUNG DI DESA DAWUHAN 

      Evi Mahfidatul Ilmi; Joko Widodo; Sutrisno Djaja (UNEJ, 2015)
      Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui profil home industri bagi masyarakat di Desa Dawuhan Mangli Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil home industri bagi ...
    • Penerapan Project Based Learning Dengan Performance Assessment 

      Emilliyah Nurjanah; Suranto; Nurul Umamah (UNEJ, 2015)
      Pembelajaran sejarah memiliki tujuan agar peserta didik memiliki beberapa kemampuan, kemampuan tersebut salah satunya adalah peserta didik mampu mengembangkan kemampuan berpikir historis (historical thinking) yang ...
    • PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING BERBASIS ASESMENT PRODUK 

      Ella Rusviana Dewi; Nurul Umamah; Bambang Soepeno (UNEJ, 2014)
      Implementasi pendekatan berbasis konstruktivis menuntut peserta didik mampu berpikir historis. Hal inilah yang menjadi dasar kemampuan berpikir logis, kreatif, inspiratif, dan inovatif agar peserta didik dapat memaknai peristiwa ...
    • BAURAN PROMOSI PADA RUMAH BATIK ROLLA DI JEMBER DALAM 

      Dian Indah Arini; Bambang Suyadi; Umar HMS (UNEJ, 2015)
      Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui bauran promosi yang digunakan pada Rumah Batik Rolla Jember dalam meningkatkan volume penjualannya. Penelitian ini dilakukan di daerah Jember Lor Kabupaten ...
    • KONFLIK PEREBUTAN KEKUASAAN ANTARA KAUM NASIONALIS DAN KOMUNIS 

      Deni Adi Wijaya; Sumardi; Sumarjono (UNEJ, 2015)
      Latar belakang penelitian ini adalah Republik Tiongkok merupakan sebuah negara yang terletak di Asia Timur. Periode tahun 1917-1920, Republik Tiongkok dimasuki ajaran Marxis-Leninisme dari Uni Soviet karena terinspirasi ...
    • Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika pada Model MEA 

      Camellia Iveny Sayogi; Hobri; Susi Setiawani (UNEJ, 2015)
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil dari pengembangan perangkat pembelajaran matematika pada model MEA (Means-Ends Analysis) berbasis scientific approach pokok bahasan peluang untuk siswa SMA kelas ...
    • Penerapan Metode Pembelajaran Inquiry Dengan Penilaian Diri Untuk Meningkatkan 

      Ayu Agustin; Sumardi; Mohammad Naim (UNEJ, 2015)
      Pembelajaran sejarah yang baik adalah pemebelajaran sejarah yang mampu menumbuhkan kemampuan peserta didik melakukan konstruksi kondisi masa sekarang dengan mengkaitkannya dengan masa lalu yang menjadi basis topik pembahasan ...
    • Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Pokok 

      ; ; AGUSTININGSIH, Arif Wicaksoono Nuriman (UNEJ, 2015)
      Hasil observasi yang dilakukan diperoleh data bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sumberpakem 01 masih rendah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menerapkan metode eksperimen untuk ...
    • DINAMIKA UPACARA ADAT BARONG IDER BUMI SEBAGAI OBYEK WISATA 

      Ardhika Mula Sari; Sumarno; Sumardi (UNEJ, 2015)
      Upacara adat Barong Ider Bumi merupakan upacara yang sakral menurut kepercayaan masyarakat Using di desa Kemiren. Upacara adat Barong Ider Bumi sudah dilakukan secara turun temurun sebagai upacara bersih desa oleh masyarakat ...
    • PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO 

      Anin Dita Rahmani; Sri Handayani; Suranto (UNEJ, 2015)
      Permasalahan yang terjadi adalah pada proses pembelajaran pendidik masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah dan tanya jawab mengakibatkan peserta didik kurang maksimal dalam melatih kemampuan kreativitasnya. ...
    • MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBUAT PANTUN 

      Angga Dessy Purwanto; Suhartiningsih; Nanik Yuliati (UNEJ, 2015)
      Pembelajaran Bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi dengan baik dan benar, disamping itu pembelajaran sastra diarahkan agar siswa dapat mengungkapkan gagasan, pendapat, dan ...
    • SISTEM BAGI HASIL DAN PEMENUHAN KEBUTUHAN POKOK BURUH TANI 

      Ahmad Ainun Najib; Sukidin; Joko Widodo (UNEJ, 2015)
      Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sistem bagi hasil dan pemenuhan pokok buruh tani di desa Tegalsari kecamatan Tegalsari kabupaten Banyuwangi. Tempat ...
    • PERANAN ANGKATAN LAUT DALAM PERJUANGAN MEMBEBASKAN IRIAN BARAT TAHUN 1949-1962 

      Zaroh Ary Bawani; Nurul Umamah; Sumardi (UNEJ, 2015)
      Peranan Angkatan Laut dalam perjuangan membebaskan Irian Barat merupakan komponen utama, di mana Angkatan Laut berkewajiban untuk menjaga integritas wilayah NKRI serta mempertahankan stabilitas keamanan di Laut, karena ...
    • Penerapan Deep Dialogue/ Critical Thinking (DD/CT) Dengan 

      ; ; SRI HANDAYANI, Zainul Mila Afifah, Nurul Umamah (UNEJ, 2014)
      Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah pendidik masih menggunakan ceramah sebagai satu-satunya metode yang mendominasi dalam pembelajaran sejarah. Peserta didik dalam pembelajaran sejarah hanya pasif ...