Show simple item record

dc.contributor.authorEdy Santoso
dc.date.accessioned2014-01-23T06:10:19Z
dc.date.available2014-01-23T06:10:19Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM070810201158
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22250
dc.description.abstractKPRI Universitas Jember yang berada di Jl. Kalimantan 27 tegalboto, Jember didirikan pada tanggal 2 Agustus 1979 dengan nama Koperasi Pegawai Negeri Universitas Jember KPRI Universitas Jember selama beberapa tahun akhir ini telah memberikan gambaran yang cukup menggembirakan, ditunjukkan oleh adanya peningkatan partisipasi anggota; anggota yang berbelanja ke toko; jumlah peminjam dan nominal pinjaman terus meningkat; demikian juga jumlah simpanan sukarela meningkat. Hal ini didukung oleh adanya peningkatan kualitas layanan KPRI Universitas Jember kepada anggota dan pelanggan lainnya sesuai dengan moto Koperasi “Pelayanan Prima adalah Visi Kami, Kepuasan Anda adalah Kebahagiaan Kami ”. Budaya kaizen telah membawa dampak yang sangat besar bagi perusahaan ataupun organisasi yang ada di berbagai belahan dunia. Banyak perusahaan yang mengalami peningkatan yang pesat setelah penerapan budaya ini. Seperti yang telah dijelaskan bahwa budaya kaizen membawa dampak yang positif bagi suatu perusahaan atau pun organisasi. Penelitian ini mencoba untuk menganalisis apakah budaya kaizen juga diterapkan dalam organisasi yang ada di Indonesia terutama organisasi yang berdasarkan UUD 1945 merupakan soko guru perekonomian nasional yaitu koperasi. Dalam penelitian ini, secara khusus akan diteliti unsur-unsur budaya kaizen apa saja yang diterapkan dalam KPRI vii Universitas Jember. KPRI Universitas Jember seperti yang terlihat pada gambar, memiliki perkembangan yang sangat pesat mulai dari tahun 2000 sampai dengan tahun 2009 yang dapat kita lihat dari meningkatnya modal yang di miliki oleh KPRI Universitas Jember. Peningkatan modal ini merupakan salah satu bukti kepercayaan anggota KPRI Universitas Jember kepada koperasi yang tentu telah mengalami perkembangan kinerja yang pesat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan budaya kaizen dalam pengelolaan KPRI Universitas Jember. Observed variable budaya kaizen meliputi: komunikasi antar pengurus sebanyak 30 responden. Data yang diperoleh diuji menggunakan analisis faktor untuk mengetahui Observed variable yang terdapat dalam pengelolaan KPRI Universitas Jember. Berdasarkan hasil analasis faktor observed variable yang terdapat dalam pengelolaan KPRI Universitas Jember adalah X1-X13, X15 dan X20. Dari observed variable tersebut dapat dikelompokan menjadi 3 faktor yaitu: faktor organisasi dan kelembagaan, faktor orientasi dan faktor komunikasi internalen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070810201158;
dc.subjectPENERAPAN BUDAYA KAIZENen_US
dc.titleANALISIS PENERAPAN BUDAYA KAIZEN DALAM PENGELOLAAN KPRI UNIVERSITAS JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record