Show simple item record

dc.contributor.authorAfifatur Rofiqoh
dc.date.accessioned2014-01-23T05:07:22Z
dc.date.available2014-01-23T05:07:22Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM080210102042
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22148
dc.description.abstractFisika merupakan bagian dari sains yang mempelajari tentang fenomena alam dengan menggunakan bentuk matematika untuk mempermudah penjelasannya. Dalam pembelajaran fisika, siswa lebih cenderung mempelajari konsep matematisnya. Sedangkan untuk mempelajari fisika secara keseluruhan, siswa diharapkan mempunyai beberapa kemampuan representasi bukan hanya dalam bentuk matematisnya saja. Pemilihan cara penyampaian guru saat proses pembelajaran akan mempengaruhi cara belajar siswa di dalam kelas. Agar siswa aktif, harus tercipta lingkungan belajar di mana guru dan siswa sama-sama terlibat dalam proses belajar aktif. Salah satu model yang mendukung adalah dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji peningkatan kemampuan representasi verbal, matematik dan hasil belajar siswa selama penerapan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran fisika di SMA, serta mengkaji perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dan tidak menggunakan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran fisika di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tegaldlimo. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan N-gain, dan menggunakan analisis t one tail SPSS 16 . Analisa data yang digunakan untuk mengkaji peningkatan hasil belajar tes fisika, kemampuan representasi verbal,en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210102042;
dc.subjectKEMAMPUAN REPRESENTASI VERBALen_US
dc.titleMODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI VERBAL DAN MATEMATIK SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record