Show simple item record

dc.contributor.authorDzurotul Mutimmah
dc.date.accessioned2014-01-23T04:12:25Z
dc.date.available2014-01-23T04:12:25Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM071810101087
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21997
dc.description.abstractBarang perhiasan seperti halnya kalung, anting, gelang, bros, dan pin dapat menambah citra penampilan dan kepercayaan diri seseorang dalam menghadiri acaraacara formal maupun non formal. Bagian utama kalung dan anting yang memberikan keindahan yaitu liontin. Dengan demikian, pemodelan liontin sangat diperlukan untuk mengembangkan variasi model liontin baik dari bentuk, kesimetrian, maupun kesetimbangan ukuran liontin. Penulisan skripsi ini dimaksudkan untuk memodelisasi bentuk liontin yang mencirikan penggabungan benda-benda geometri datar dan geometri ruang. Dalam penelitian modelisasi liontin ini dibagi menjadi beberapa tahapan. Tahapan pertama adalah memodelisasi liontin pada dimensi dua dengan bentuk dasar segitiga sama kaki. Dalam hal ini membagi daerah segitiga sama kaki menjadi dua bagian yaitu daerah segitiga dan daerah trapesium kemudian mengisi daerah tersebut dengan model-model liontin. Tahapan kedua adalah memodelisasi kerangka liontin cekung dan cembung pada dimensi tiga beralaskan poligon segi enam beraturan dan berketinggian 𝑡. Dalam hal ini membagi ketinggian kerangka liontin dan mengisi ketinggian tersebut dengan benda geometri datar dan geometri ruang. Selanjutnya tahapan terakhir dilakukan programasi untuk memodelisasi liontin tersebut dengan bantuan software Maple 12. Hasil penelitian ini didapatkan dua prosedur untuk memodelisasi liontin kalung dan anting, yang pertama prosedur untuk memodelisasi liontin pada dimensi dua dengan bentuk dasar segitiga sama kaki dan kedua untuk memodelisasi kerangka liontin cekung dan cembung. Prosedur pertama langkah-langkahnya sebagai berikut. Pertama, menetapkan dua buah titik masing-masing terletak pada sisi kaki segitiga sama kaki dan menarik segmen garis melalui kedua buah titik tersebut sehingga membagi daerah segitiga sama kaki menjadi dua bagian, yaitu daerah segitiga dan daerah trapesium. Kedua, membangun pola-pola bentuk liontin, yaitu: (a) membagi ketinggian dan tingkatan pada daerah segitiga kemudian mengisi tiap tingkatan dengan potongan kurva (lingkaran atau elips) sehingga terbangun pola simetri dan bertingkat dan (b) membagi ketinggian dan bagian pada daerah trapesium kemudian mengisi tiap tingkatan dengan potongan kurva (lingkaran atau elips) sehingga terbangun pola simetri dan bertingkat. Sedangkan prosedur kedua langkahlangkahnya sebagai berikut. Pertama, menetapkan jarak titik berat ke titik sudut alas kerangka liontin serta tinggi kerangka liontin tersebut. Kedua, menetapkan jumlah dan jenis benda geometri datar dan geometri ruang pembangun kerangka liontin. Ketiga, membangun potongan-potongan kurva (segmen garis, lingkaran, dan elips) pada bidang XOZ dan YOZ dengan titik ujung-titik ujungnya terletak pada titik sudut benda-benda geometri datar dan geometri ruang.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries071810101087;
dc.subjectModelisasi Liontin Kalung dan Antingen_US
dc.titleMODELISASI LIONTIN KALUNG DAN ANTINGen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record