dc.description.abstract | Denganmeningkatnyakebutuhankendaraanbermotor,
makakebutuhankendaraanrodadua yang lebihramahlingkungandaniritbahanbakar di
pastikanakanmendominasi di era masadepan yang semakinsulit.
Dalammemilihproduk, konsumententusajaakandipengaruhiolehdesaindariproduk .
Selainituuntukjenistransmisi yang digunakanuntukkeadaanpadasaatinibanyak yang
memilihkendaraandengantransmisi”automatic”daripadatransmisi manual.
Sepertihalnyaprodusensepeda motor Yamaha yang barubaruinimengeluarkanprodukterbarumereka,
yaitu
Mio
J.
Berbedadenganskutikandalan
Yamaha
terdahulu
yang
sudahada,
yaitu
Mio
Sporty.Persaingan
yang
semakinketat
di
pasar
global
maupundomestikmembuatperusahaanharusmemilikikeunggulanbersainguntukdapatter
usbertahan.Penelitianinibertujuanuntukmengkajipengaruhdesainproduk,
apakahmempengaruhikonsumendalammembelikendaraanbermotor,mengkajiapakahm
asyarakatawamlebihmemilihdesain yang menarikdengankelebihanteknologi yang
canggihataulebihmemilihharga yang terjangkautapidenganfitur yang sederhana,
mengetahuiseberapabesarpengaruhdesaindanteknologisuatukendaraanbermotorterhad
apkonsumendalammembelisuatukendaraanbermotorsertauntukmengetahuidanmengev
aluasiresponden,
mengapalebihmemilihkendaraanbermotortersebutdibandingkandengankendaraanberm
otorlainnya yang sejenisdandariperusahaan yang sama.
viii
Penelitianinimengambillokasi di sekitar Jl. Kalimantan, Jemberdan
sekitarAlun – alunKabupatenJember.Proses
penelitiandilakukandalamkurunwaktubulan November 2012 – Januari 2013.
Populasidalampenelitianinimencakupseluruhpenggunasepeda motor Yamaha
khususnyapengendarasepeda motor Yamaha Mio sporty dan Yamaha Mio – J.
Parameter yang diamatimeliputi: harga, selera, kualitasdankepuasankonsumen.
Dari penelitiandiketahuibahwa:
a. Desain (body) darimio sporty yang
tergolonghampirtidakadaperubahandariawalproduktersebutdimunculkanmasih
cukupdiminatikonsumenuntukmembelikendaraanbermotorrodaduajenismio
sporty, sedangkandesain (body) darimio – j yang
tergolongbarudantampakbanyakperubahanbelumcukupmempengaruhikonsum
endalammembelikendaraanbermotorrodaduajenismio – j;
b. Masyarakatawamlebihmemilihharga yang tinggidenganfiturdankualitas yang
baiksertateknologiterbarudarimio – j yang
didalamnyasudahmengadopsiteknologifuel injection (FI).Teknologi FI
Yamaha yang disebutYamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI)
membuat Mio J begitusempurna di kalangankonsumen;
c. Secarakeseluruhandesaindanteknologisuatukendaraanbermotorsecarabersamasamaberpengaruhterhadapkonsumendalammembelisuatukendaraanbermotorro
dadua;
d. Untukpresentasesecarakeseluruhandidapatkanhasil:
Untukmio sporty = 46,2% dengansignifikansi 5%
Untukmio – j = 72% dengansignifikansi 5%
Hal inimenunjukkansecarakeseluruhandesaindanteknologidarimio - j
lebihungguldibandingkandenganmio sporty.Sedangkanhargadarimio sporty
lebihterjangkaudibandingkandenganmio – j; | en_US |