dc.description.abstract | Penelitian dengan judul PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN
DALAM MEMCAPAI KEUNGGULAN BERSAING PADA PT. JAMSOSTEK
(PERSERO) CABANG JEMBER. Membahas tentang penentuan strategi
pemasaran yang berdasarkan kondisi perusahaan dari sisi pemasaran, keuangan,
sumber daya manusia, maupun operasional. Strategi pemasaran ini merupakan
salah satu cara untuk mendukung program pemasaran guna mencapai tujuan
perusahaan yaitu mencari keuntungan dan memberikan kepuasan terhadap
konsumen. Tujuan penelitian ini adalah menentukan alternatif strategi pemasaran
pada PT. JAMSOSTEK (PERSERO) Cabang Jember.
Menentukan strategi pemasaran pada perusahaan digunakan metode
analisis SWOT yaitu dengan menentukan faktor strategi perusahaan kemudian
diolah kedalam tabel IFAS (Internal Strategic Analysis Summary) dan EFAS
(Eksternal Strategic Analysis Summary). Hasil pengelolaan data faktor strategi
perusahaan dipakai sebagai acuan untuk menetukan strategi pemasaransecara
global dengan IE Matrik dan alternatif strategi pemasaran dengan Matrik
SWOTyang kemudian akan dipilih strategi apa yang sesuai dengan kondisi
perusahaan. Rancangan penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yang
menggambarkan strategi sampai implementasi strategi pemasaran yang dilakukan
PT. JAMSOSTEK (PERERO) Cabang Jember. Penelitian analisis kualitatif
merupakan suatu penelitian yang bersifat menggambarkan secara sistematis
mengenai situasi dan aktifitas dari obyek yang diteliti. Kemudian diperoleh datadata
perusahaan yang selanjutnya dianalisis dengan faktor Internal dan faktor
Eksternal, untuk menentukan posisi perusahaan pada kuadran. Setelah posisi
perusahaan diketahui, maka digunakan analisis SWOT untuk menentukan
kebijakan dan strategi apa yang harus dilakukan oleh PT. JAMSOSTEK
(PERSERO) Cabang Jember.
Hasil penelitian Posisi perusahaan ini berada pada kuadran II (Dua) dalam
kondisi ini PT. JAMSOSTEK seharusnya menetapkan strategi Konsentrasi
Integrasi Horisontal kegiatan untuk memperluas perusahaan dengan cara
membangun dilokasi yang lain, dan meningkatkan jenis produk atau jasa.
perusahaan pada kondisi yang aktraktif, untuk meningkatkan penjualan dan profit
dengan cara memanfaatkan keuntungaan. adalah dengan strategi pengembangan
produk (Product development) yaitu meniti beratkan pada pemberian inovasi
terhadap produk-produk jasa yang ditawarkan sebagai keunggulan kompetitif
perusahaan. Perusahaan dapat meningkatkan kinerja pemasaran dan dapat
menambah kualitas baik dalam pelayanaan dan mempertahankan agar harga premi
tatap stabil, hal ini bertujuan untuk memperluas pangsa pasar dengan
mendapatkan konsumen semaksimal mungkin dan dengan membangun brand
image dan brand loyality sebagai pendukung kegiatan promosi. | en_US |