dc.description.abstract | ABSTRAKSI
Penelitian tentang “ Analisis Pengaruh Customer Retention Program
(CRP) Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Nasabah di PT. Bank Central
Asia,Tbk Cabang Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
menganalisis (1) Pengaruh Customer Relationship Marketing terhadap kepuasan
nasabah;(2) Pengaruh After Sales Marketing terhadap kepuasan nasabah;(3)
Pengaruh Implicit Guarantee terhadap kepuasan nasabah;(4) Pengaruh
Unconditional Guarantee terhadap kepuasan nasabah;(5) Pengaruh Defection
Management terhadap kepuasan nasabah;(6) Pengaruh Zero Defect Model
terhadap kepuasan nasabah;(7) Pengaruh Customer Relationship Marketing
terhadap Loyalitas nasabah;(8) Pengaruh After Sales Marketing terhadap loyalitas
nasabah;(9) Pengaruh Implicit Guarantee terhadap loyalitas nasabah;(10)
Pengaruh unconditional Guarantee terhadap loyalitas nasabah;(11) Pengaruh
Defection Management terhadap loyalitas nasabah; (12) Pengaruh Zero Defect
Model terhadap loyalitas nasabah;(13) Pengaruh Kepuasan terhadap loyalitas
nasabah. Populasi adalah seluruh nasabah PT. Bank Central Asia, Tbk., di seluruh
wilayah Cabang Jember, yang pada akhir bulan Februari 2011 telah tercatat
sebanyak kurang lebih 40.300 nasabah. Pengambilan jumlah sampel
menggunakan nonprobality sampling dengan metode (proportionale stratefied
aksidental sampling. Penentuan jumlah sampel sebanyak 165 nasabah. Metode
analisis yang digunakan adalah metode persamaan struktural. Hasil analisis
menunjukkan bahwa Zero Defect Model dan after sales marketing merupakan
program yang mempunyai hubungan signifikan dan positif terhadap loyalitas
sebagai upaya mempertahankan nasabahnya, selanjutnya Implicit Guarantee,
Unconditional Guarantee, Customer relationship Marketing dan yang paling
buruk dibandingkan ke enam program CRP adalah Defection Management.
Kata kunci : Customer Retention Program, Kepuasan, Loyalitas | en_US |