IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 KENCONG
Abstract
Pemberian otonomi pendidikan yang luas pada sekolah merupakan
kepedulian pemerintah terhadap gejala-gejala yang muncul di masyarakat serta
upaya peningkatan mutu pendidikan secara umum. Pemberian otonomi ini
menuntut pendekatan manajemen yang lebih kondusif di sekolah agar dapat
mengakomodasi seluruh keinginan sekaligus memberdayakan berbagai komponen
masyarakat secara efektif guna mendukung kemajuan dan sistem yang ada di
sekolah. Dalam kerangka inilah, Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) tampil
sebagai paradigma baru manajemen pendidikan yang ditawarkan. Dasar hukum
pelaksanan MBS adalah UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional pasal 51 ayat 1.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Untuk
mendeskripsikan Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah ditinjau dari segi
input, proses dan output di SMA Negeri 1 Kencong serta untuk mendeskripsikan
peran serta masyarakat dalam mendukung program Manajemen Berbasis Sekolah
di SMA Negeri 1 Kencong. Penelitian ini didesain sebagai Penelitian Evaluatif
yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program MBS dengan jalan
melihat kesesuaian antara rencana yang sudah disusun dalam buku pedoman MBS