dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menguji kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional,
kecerdasan spiritual berpengaruh secara parsial terhadap pemahaman akuntansi.
Penelitian ini menggunakan data primer yaitu dengan menyediakan pertanyaan dalam
bentuk kuesioner yang dibagikan kepada responden yang merupakan mahasiswa yang
masih aktif di jurusan akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Jember. Dan data
sekunder digunakan untuk mengetahui jumlah mahasiswa angkatan tahun 2009 di
bagian Akademik. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling.
Responden dalam penelitian ini adalah Mahasiswa S1 jurusan akuntansi angkatan
tahun 2009 yang masih aktif, telah menyelesaikan mata kuliah Pengantar Akuntansi,
Akuntansi Keuangan Menengah 1, Akuntansi Keuangan Menengah 2, Akuntansi
Keuangan Lanjutan 1, Akuntansi Keuangan Lanjutan 2, Auditing 1, Auditing 2,
Auditing 3, dan Teori Akuntansi dan Telah menempuh 137 SKS. Sebanyak 218
kuesioner yang dikirim dan 182 kuesioner yang kembali. Data yang diperoleh
kemudian diproses dan dianalisis hanya 175 kuesioner. Metode statistik yang
digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kecerdasan intelektual, kecerdasan
emosional, kecerdasan spiritual berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. | en_US |