Show simple item record

dc.contributor.authorHesti Kartikasari
dc.date.accessioned2014-01-21T23:43:54Z
dc.date.available2014-01-21T23:43:54Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM052010101029
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20155
dc.description.abstractLingkungan belajar adalah persepsi atau pemahaman mahasiswa dalam belajar yang menentukan tingkat hasil belajarnya, terdiri dari lingkungan belajar baik dan lingkungan belajar tidak baik. Kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dilaksanakan dengan menggunakan metode SPICES, yaitu Student Centre, Problem Based Learning, Integrated, Community Based, Early Expossure/Elective Program, dan Systematic. Sistem pembelajaran dengan metode SPICES ini berbeda dengan sistem pembelajaran di sekolah menengah. Perubahan kurikulum ini membutuhkan penyesuaian yang salah satunya dapat ditempuh dengan memilih lingkungan belajar yang tepat sehingga meningkatkan prestasi belajar mahasiswa terutama mahasiswa FK UNEJ sehingga tercipta lulusan fakultas kedokteran yang berkualitas. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa dengan kurikulum model SPICES, sedangkan tujuan khususnya adalah untuk (1) mengetahui gambaran lingkungan belajar apa yang dipakai oleh mahasiswa FK UNEJ, (2) mengetahui prestasi belajar mahasiswa di FK UNEJ, (3) mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa di FK UNEJ, dan (4) mengetahui berbagai faktor yang mempengaruhi prestasi belajar pada mahasiswa di FK UNEJ. Penelitian ini menggunakan desain potong lintang perbandingan yang dilaksanakan di FK UNEJ pada bulan Desember 2008 sampai Mei 2009. Populasi penelitian adalah semua mahasiswa FK UNEJ yang menggunakan kurikulum model SPICES, sedangkan sampel penelitian adalah mahasiswa angkatan 2006, 2007, dan vii 2008. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik total populasi sampling. Lingkungan belajar mahasiswa diukur menggunakan kuesioner yang diisi sendiri oleh subyek penelitian. Analisis statistik ditampilkan dalam bentuk STATA versi 6 dengan menggunakan uji chi square. Data yang mempunyai nilai p < 0,25 dilakukan analisis bivariat menggunakan uji regresi Cox. Selanjutnya data hasil dari analisis bivariat yang mempunyai nilai p < 0,25 dilakukan analisis multivariat menggunakan regresi Cox. Pengambilan kesimpulan statistik dilakukan dengan tingkat kepercayaan α= 0,05. Dalam penelitian ini mahasiswa FK UNEJ yang menjadi sampel penelitian yang memiliki lingkungan belajar baik adalah sebanyak sebesar 94% sedangkan sisanya 13,3% mempunyai lingkungan belajar tidak baik. Berdasarkan uji statistik diketahui bahwa tidak ada pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa dengan kurikulum model SPICES di FK UNEJ. Ada pula faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa yaitu taraf kecerdasan, sedangkan jenis kelamin, kemampuan berbahasa Inggris, dan jalur masuk perguruan tinggi tidak mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan kurikulum model SPICES di FK UNEJ.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries052010101029;
dc.subjectPengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar pada Mahasiswa dengan Kurikulum Model SPICES (Studi Potong Lintang pada Mahasiswa FK UNEJ);en_US
dc.titlePENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA DENGAN KURIKULUM MODEL SPICES (STUDI POTONG LINTANG PADA MAHASISWA FK UNEJ)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record