Show simple item record

dc.contributor.authorAHMAD YULIANTO
dc.date.accessioned2014-01-21T06:57:02Z
dc.date.available2014-01-21T06:57:02Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM060210191170
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19918
dc.description.abstractPermasalahan yang muncul berkaitan dengan pembelajaran matematika seringkali terjadi disetiap jenjang sekolah. Salah satu sekolah yang mempunyai permasalahan berkaitan dengan pembelajaran matematika adalah SMP Negeri 2 Jenggawah, khususnya kelas VII D. Berdasarkan observasi awal dan wawancara singkat dengan guru bidang studi matematika kelas VII D SMP Negeri 2 Jenggawah yang dilaksanakan tanggal 2 November 2009 menunjukkan bahwa tingkat penguasaan siswa terhadap materi masih tergolong rendah, hal ini disebabkan karena siswa merasa jenuh terhadap metode pembelajaran yang masih bersifat konvensional sehingga siswa kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran. Hal tersebut terlihat pada hasil ujian tengah semester siswa kelas VII D semester 1, bahwa ada 30% siswa yang tidak tuntas dari kriteria ketuntasan minimum 66. Guru sebagai pendidik harus mampu menciptakan suasana belajar yang efektif dan menyenangkan agar minat siswa dalam proses belajar mengajar lebih maksimal dan tercapai hasil belajar yang optimal. Tujuan penelitian untuk mengetahui proses, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Jenggawah selama pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) dengan menggunakan media permainan monopoli matematika pokok bahasan himpunan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210191170;
dc.subjectKOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTSen_US
dc.titlePEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) MENGGUNAKAN PERMAINAN MONOPOLI MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN KELAS VII D SMP NEGERI 2 JENGGAWAH TAHUN AJARAN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record