WACANA BAHASA INDONESIA DALAM INTERAKSI JUAL-BELI PAKAIAN DI PASAR ROGOJAMPI
Abstract
Interaksi Jual-beli pakaian di pasar Rogojampi sangatlah beragam, hal ini
dikarenakan letak dari pasar Rogojampi yang sangat strategis dan memungkinkan
banyaknya peristiwa tutur yang menarik untuk dijadikan sebuah bahan penelitian wacana.
Wacana dibagi menjadi dua bentuk yakni wacana tulis dan wacana lisan. Interaksi jual-beli
pakaian di pasar Rogojampi merupakan bentuk wacana lisan. Untuk mendapatkan
pemahaman wacana, dapat dilakukan melalui analisis kohesi dan koherensi, konteks
wacana, struktur wacana dan kesantunan berbahasa.
Tujuan dalam penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan kohesi dan koherensi,
konteks wacana, struktur wacana dan kesantunan berbahasa yang ada dalam wacana bahasa
Indonesia dalam interaksi jual-beli pakaian di pasar rogojampi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah etnografi berbahasa, sedangkan
rancangannya adalah kualitatif. Metode pengumpulan data yakni metode observasi serta
metode rekam catat. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa tabel
pemandu pengumpul data dan tabel pemandu analisis data.