Kanker serviks merupakan suatu masalah yang cukup besar di negaranegara sedang berkembang termasuk Indonesia karena insidensi dan angka kematiannya yang cukup tinggi. Sebenarnya angka kematian yang tinggi dapat ditekan, dengan cara pelaksanaan pemeriksaan Pap Smear yang dilaksanakan secara periodik dan teratur, hal ini dilakukan dalam upaya deteksi dini kanker serviks. Pelaksanaan program yang dapat berjalan secara periodik dan teratur, dapat dikaitkan dengan tingkat pengetahuan seseorang tentang masalah kesehatan yang dia pahami. Berdasarkan hal ini perlu dilakukan penelitian mengenai hubungan tingkat pengetahuan tentang kanker serviks terhadap upaya pelaksanaan tindakan Pap Smear. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan tentang kanker serviks terhadap upaya pelaksaan tindakan Pap Smear.
Abstract
Perangkat pembelajaran adalah sekumpulan sumber belajar yang
memungkinkan siswa dan guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran (Hobri,
2010:31). Sehingga perangkat pembelajaran matematika berkarakter merupakan
sekumpulan sumber belajar yang memungkinkan dan mendasari siswa dan guru
dalam melakukan pembelajaran dengan beberapa karakter yang harus dicapai yang
tersurat dalam semua instrumen perangkat pembelajaran matematika yang dibuat.
Perangkat pembelajaran matematika berkarakter yang dimaksud meliputi silabus,
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), buku siswa (BS), lembar kerja siswa
(LKS), dan tes hasil belajar. Dalam penyusunan perangkat pembelajaran matematika
berkarakter ini dibutuhkan model yang sesuai untuk dapat mencapai tujuan
pembelajaran. Sehingga peneliti menggunakan model quantum teaching.