Show simple item record

dc.contributor.authorWULANINGTYAS, RETNO
dc.date.accessioned2014-01-21T04:31:16Z
dc.date.available2014-01-21T04:31:16Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM060210102351
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19553
dc.description.abstractKemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi terus mewarnai dunia pendidikan dewasa ini. Tantangan tentang peningkatan mutu, relefansi dan efektivitas pendidikan sebagai tuntutan nasional sejalan dengan perkembangan dan kemajuan masyarakat, berimplikasi secara nyata dalam program pendidikan dan kurikulum sekolah. Para guru harus memiliki keterampilan memilih dan menggunakan metode mengajar untuk diterapkan dalam sistem pembelajaran yang efektif (Hamalik, 2001). Fisika merupakan ilmu pengetahuan dimana konsep- konsepnya melandasi berbagai tehnologi yang berkembang dewasa ini. Sesuai dengan sifat fisika yang empiris diperlukan suatu pembelajaran yang cocok dengan sifat ilmu fisika tersebut. Salah satu pembelajaran yang membantu siswa dapat memahami konsep dengan mudah, suasana kelas menyenangkan, tidak membosankan, siswa menjadi aktif dan dengan mengalami sendiri adalah Model Pembelajaran Jigsaw dengan Metode Eksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengkaji perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika yang menggunakan model pembelajaran jigsaw dengan metode eksperimen dengan pembelajaran konvensional di SMP, (2) mengkaji aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw dengan metode eksperimen di SMP, (3) mengkaji retensi hasil belajar fisika siswa SMP setelah mengikuti model pembelajaran jigsaw dengan metode eksperimen dalam pembelajaran fisika di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Kencong. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dan ketiga, menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Analisis data menggunakan uji untuk mengkaji perbedaan hasil belajar siswa diperoleh nilai 3.406 dan nilai = 1,994 sehingga , maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis kerja diterima. Hasil analisis aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa sebesar 73,497% dan termasuk pada kategori aktif. Analisis data menggunakan uji untuk mengkaji retensi hasil belajar diperoleh nilai thitung =2,016 dan -2,038 < thitung< 2,038 , nilai thitung < ttabel sehingga hipotesis nihil (H0) diterima dan hipotesis kerja (Ha) ditolak. Berdasarkan analisa data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika menggunakan model pembelajaran jigsaw dengan metode eksperimen dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kencong tahun ajaran 2010/2011, (2) aktivitas siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kencong tahun ajaran 2010/2011 selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw dengan metode eksperimen termasuk dalam kategori aktif, dan (3) Retensi hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kencong tahun ajaran 2010/2011 setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran jigsaw dengan metode eksperimen yaitu tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa (antara skor post tes dengan skor tes tunda) yang berarti siswa dapat mempertahankan daya ingatnya terhadap materi yang telah dipelajari.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210102351;
dc.subjectModel Pembelajaran Jigsaw, Metode Eksperimenen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record