Show simple item record

dc.contributor.authorSunita
dc.date.accessioned2014-01-21T02:01:12Z
dc.date.available2014-01-21T02:01:12Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM050803102036
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19247
dc.description.abstractBerdasarkan Hasil Praktek Kerja Nyata yang telah dilaksanakan pada PT. BRI(Persero) Tbk, Unit Tanjung, maka dapat di ambil kesimpulan tentang Pelaksanaan Administrasi Kredit Umum Pedesaan (KUPEDES) Untuk Golongan Pengusaha sebagai berikut : 1. Setiap calon nasabah mengajukan permohonan kredit pada BRI Unit yang masuk dalam wilayah kerja bank tersebut 2. Pelayanan berikutnya dibantu oleh deksman dalam hal persyaratan yang meliputi berkas dari bank yang bersangkutan. Oleh Deksman Berkas tersebut diserahkan pada Ka Unit untuk diperiksa kelengkapanya. Atas dasar Pertimbangan dan persetujuan Ka Unit kemudian dilanjutkan oleh Mantri mencari data yang digunakan sebagai analisa untuk keputusan kredit yang di ajukan calon nasabah. 3. Jika Ka Unit telah memberikan otorisasi persetujuan maka pembayaran (Teller) terlebih dahulu diberikan pembahasan kredit yang dibuatkan oleh deksman. Adapun isi dari pembahasan kredit yang meliputi : besarnya plafond maksimum, bunga pinjaman, dan bunga yang harus dibayar serta jangka waktu kredit. 4. Untuk semua nasabah kupedes pada BRI Unit akan memperoleh fasilitas Asuransi Jiwa. Asuransi dapat terealisasi apabila nasabah meninggal dunia dan semua masalah yang berhubungan dengan kredit tersebut akan ditutup melalui asuransi jiwa tersebut. 5. Setelah nasabah mendapat realisasi Kupedes, maka selanjutnya pihak bank akan membuatkan catatan administrasi kredit untuk pembayaran tiap bulan. Penerimaan setiap bulan dengan ketentuan mulai dari tanggal atas realisasi kredit setiap bulan ditambah tujuh hari kerja. Apabila dalam pembayaran angsuran dilunasi maju maka nasabah akan mendaptkan IPTW (Intensif Pembayaran Tepat Waktu). 37 38 6. Pengolahan data oleh PT.BRI Unit mulai pada waktu realisasi kupedes sebagai pencatatan angsuran setiap bulan bagi nasabah, pihak bank akan memvalidasi pada kartu kredit lewat PC nasabah pada waktu akan dibuatkan tanda setoran dari data kartu kredit tersebut. Dengan program computer selanjutnya membuat Register sisa pinjaman (Buku Besar). Register sisa pinjaman berisikan tentang data dari realisasi yang diberikan pada nasabah pada setiap hari kerja. Untuk selanjutnya dari register sisa pinjaman dimasukkan pada Total Rekapitulasi Kupedes yang merupakan jenis-jenis raelisasi kepedes yang diberikan. Kedua register tersebut dilaporkan ke kantor cabang. Laporan Kupedes mempunyai isi tentang jenis-jenis kupedes atas penggunaanya dan ketentuan-ketentuan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak sehingga diperlukan hubungan yang baik antara bank dan nasabah atas kinerja yang baik sesuai kesepakatan. Daftar nasabah yang masuk dalam pelaporan kupedes bisa membantu kualitas bank tersebut.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050803102036;
dc.subjectKREDIT UMUM PEDESAAN (KUPEDES)en_US
dc.titlePELAKSANAAN ADMINISTRASI KREDIT UMUM PEDESAAN (KUPEDES) UNTUK GOLONGAN PENGUSAHA PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (Persero)Tbk, UNIT TANJUNG CABANG JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record