• Login
    View Item 
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Accounting
    • View Item
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Accounting
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PELAKSANAAN PROSEDUR AKUNTANSI PEMBERIAN KREDIT PADA PT BPR MANUK AYU WONOSARI BONDOWOSO

    Thumbnail
    View/Open
    LaporanX_1.pdf (127.0Kb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    RISKY NIRA ANDREYANI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Setelah melakukan kegiatan Praktek Kerja Nyata selama kurang lebih 1 bulan pada PT BPR Manuk Ayu, penulis mendapatkan banyak manfaat berupa pengalaman dan pengetahuan bank secara langsung maupun tidak langsung. Sehingga penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut : 1. PT BPR Manuk Ayu seperti halnya bank lainnya yaitu mengumpulkan dana dari masyarakat dari berbagai macam bentuk yang kemudian disalurkan kembali dalam bentuk kredit, yaitu kredit modal kerja ( perorangan ). 2. Pemberian kredit modal kerja ( perorangan ) yang dilakukan oleh PT BPR Manuk Ayu bertujuan untuk membantu kelancaran usaha bagi masyarakat khususnya untuk pengusaha kecil. 3. Prosedur pemberian kredit modal kerja ( perorangan ) pada PT BPR Manuk Ayu adalah sebagai berikut : a. Administrasi kredit wakil dari bank menerima pengajuan kredit dari nasabah beserta kelengkapannya serta syarat-syarat yang diajukan oleh pihak bank. b. Administrasi kredit menyerahkan permohonan kredit kepada kabid. Bagian kredit untuk melakukan survey kepada nasabah. c. Setelah di survey, bagian kredit menyerahkan berkas permohonan kredit dan laporan hasil survey kepada Direktur Utama diperiksa dan mengadakan Rapat Komite untuk meminta persetujuan dari Direktur Utama. d. Setelah mendapatkan persetujuan, Direktur Utama menyerahkan berkas permohonan kredit kepada bagian administrasi kredit untuk diproses. e. Bagian Administrasi menghubungi nasabah untuk datang ke bank untuk melakukan pengikatan dengan Direktur Utama dan menandatangani Perjanjian Kredit. f. Setelah pengikatan, administrasi membuat surat tanda terima pinjam, cek fisik kendaraan, kwitansi angsuran dan bukti pengambilan uang. g. Kasir menerima surat tanda terima pinjaman dan bukti pengambilan uang kemudian nasabah menerima uang tunai, tanda terima pinjaman, kwitansi pinjaman serta kartu control angsuran. h. Kasir pada akhir proses memproses dalam bukti kas masuk dan bukti kas keluar, sedangkan bagian akuntansi mencatat transaksi tersebut. 4. Kinerja bagian Administrasi Kredit yaitu mengatur, mengawasi, melaksanakan administrasi dan dokumentasi pemberian biaya, serta melakukan kegiatan untuk mengamankan posisi bank dalam memberikan pembiayaan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19188
    Collections
    • DP-Accounting [660]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository