dc.description.abstract | Fisika merupakan bagian dari IPA yaitu ilmu yang mempelajari gejala dan
peristiwa atau fenomena alam serta berusaha untuk mengungkapkan segala rahasia
dan hukum semesta. Sesuai dengan sifat fisika yang empiris diperlukan suatu
pembelajaran yang cocok dengan sifat ilmu fisika tersebut. Salah satunya adalah
dengan pembelajaran konstruktivis. model alternatif yang efektif dan efisien untuk
mencapai pembelajaran yang konstruktivis. Salah satunya adalah dengan penerapan
model prediction, observation, explanation (POE). Rumusan masalah dari penelitian
ini adalah: (1) bagaimana efektifitas pembelajaran menggunakan model POE dalam
pembelajaran fisika di SMP?; (2) bagaimanakah aktivitas siswa selama mengikuti
pembelajaran dengan model POE dalam pembelajaran fisika di SMP? Tujuan dari
penelitian ini adalah: (1) mengkaji efektifitas penerapan model POE dalam
pembelajaran fisika di SMP, (2) mengkaji aktivitas siswa selama mengikuti
pembelajaran dengan model POE dalam pembelajaran fsika di SMP.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment, penentuan tempat
penelitian adalah dengan purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di
SMP Negeri 1 Bondowoso. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji
homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan Cluster Random Sampling.
Rancangan penelitian menggunakan Time-Series Design . Metode pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah wawancara, data dokumentasi, observasi dan tes. Analisis
data menggunakan uji efektifitas untuk menjawab rumusan masalah yang pertama
sedangkan untuk menjawab rumusan masalah yang kedua menggunakan uji aktivitas.
Dari analisis data hasil penelitian uji efektifitas pembelajaran dengan
menggunakan model POE secara klasikal diperoleh sebesar 77,13%, yang termasuk
vii
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
pada kriteria efektifitas pembelajaran yang efektif. Hasil analisis uji aktivitas siswa
diperoleh persentase aktivitas siswa secara klasikal sebesar 85,12%, yang termasuk
pada kriteria aktivitas siswa yang sangat aktif. Hasil analisis Uji perbedaan diperoleh
ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan setelah
pembelajaran.
Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) model POE efektif diterapkan dalam
pembelajaran fisika pada pokok bahasan Zat dan Wujudnya pada siswa kelas VII
SMP Negeri 1 Bondowoso tahun ajaran 2009/2010; (2) aktivitas siswa selama
mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model POE pada pokok bahasan Zat
dan Wujudnya pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bondowoso tahun ajaran
2009/2010 mengalami peningkatan dan termasuk dalam kategori sangat aktif. | en_US |