• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENAMBAHAN METANOL PADA PREMIUM TERHADAP UNJUK KERJA MOTOR BENSIN 4 LANGKAH DENGAN BERBAGAI SUDUT PENGAPIAN

    Thumbnail
    View/Open
    c (189)c_1.pdf (1.452Mb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    Danang Aji Saputro
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Untuk meningkat performa mesin dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya dengan menaikan perbandingan kompresi, memperbesar ruang bakar dan merubah sudut pengapian. Perubahan sudut pengapian semestinya di imbangi dengan pergantian bahan bakar yang memiliki oktan lebih tinggi karena apabila sudut pengapian mengalami perubahan sedangkan bahan bakar yang digunakan tetap akan terjadinya detonasi pada mesin tersebut. Waktu pengapian semakin maju mengakibatkan suhu pada ruang bakar manjadi meningkat, salah satu cara agar suhu pada ruang bakar seimbang dengan perubahan pengapian adalah dengan menggunakan bahan bakar tetap, tetapi perlu penambahan aditif. Ada beberapa contoh aditif seperti MTBE,TEL dll tetapi kebanyakan aditif tersebut mempunyai kandungan timbale yang tinggi. Methanol adalah aditif yang ramah lingkungan yang dapat digunakan sebagai campuran dari premium. Dengan menambahkan methanol pada premium dapat diketahui bahwa methanol dapar meningkatkan daya dan torsi dengan fuel consumption yang rendah. Tujuan yang ingin dicapai untuk mengetahui unjuk kerja motor bakar 4 langkah dengan bahan bakar bensin dengan methanol sebagai suplemen bahan bakar dan juga penetapan variasi aditif methanol dengan sudut pengapian untuk memperoleh titik yang optimal. Dalam pengujian unjuk kerja motor bakar digunakan alat motor cycle dynamometer untuk mengetahui nilai daya, torsi dan putaran mesin. Pengujian ini menggunakan variasi methanol 10% (M10), methanol 20% (M20), dan methanol 30% (M30) dengan variasi sudut pengapian 16º, 17º dan 18º BTDC kemudian hasil dari pengujian dibandingkan dengan kondisi standart. Pengujian unjuk kerja motor bakar dilakukan pada gigi 1, 2, 3 dan 4. Hasil yang didapat dari pengujian unjuk kerja motor bakar adalah torsi ratarata tertinggi dengan campuran M20 pengapian 16º BTDC sebesar 8.7 N.m pada putaran mesin 4700 rpm. Peningkatan daya rata-rata terjadi pada campuran M20 pengapian 16º BTDC sebesar 6.9 Hp pada putaran mesin 6700 rpm. Fuel Consumption (FC) terendah terdapat pada campuran M10 yaitu 0.8420 kg/jam pada 8000 rpm dengan sudut pembakaran 16° BTDC.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18954
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository