PELAKSANAAN ADMINISTRASI PERGUDANGAN PRODUK UNILEVER PADA PT. PANAHMAS DWITAMA DISTRINDO JEMBER
Abstract
Berdasarkan hasil Praktek Kerja Nyata (PKN) dalam bidang administrasi
pergudangan pada PT. PANAHMAS DWITAMA DISTRINDO maka dapat
ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1 Pelaksanaan administrasi pergudangan pada PT. PANAHMAS DWITAMA
DISTRINDO dimulai dari proses pengadaan barang, penerimaan barang
sampai pengeluaran barang.
a. Proses pengadaan barang ada dua cara yaitu dengan cara
mengirimkan data extract via online dan pengadan barang melalui
Special Order (SPO) yang juga dikirim via online.
b. Prosedur penerimaan barang.
Kepala gudang atau petugas gudang PT. PANAHMAS
DWITAMA DISTRINDO melakukan pengecekan terhadap barang
yang diterima sesuai dengan isi surat jalan (despatch). Jika terjadi
perbedaan antara barang yang diterima dengan surat jalan maka
dibuatkan berita acara.
c. Prosedur pengeluaran barang.
Adapun hal yang dilakukan oleh kepala gudang adalah
mencocokkan surat bukti pengeluaran barang berupa faktur dengan
barang yang akan dikeluarkan dari gudang, selanjutnya mengisi
kartu stapel sebagai bukti pengurangan barang yang ada di gudang.
2 Selama melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKN) di PT. PANAHMAS
DWITAMA DISTRINDO memperoleh pengalaman mengenai pengisian
blanko sebagai bukti penerimaan dan pengeluaran barang di gudang.
Adapun blanko yang dimaksud adalah sebagai berikut :
a. Blanko penerimaan barang
b. Blanko kartu stapel
c. Blanko SPO