dc.description.abstract | Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui tingkat pertumbuhan pasar,
pangsa pasar relatif dari produk perusahaan, mengelompokkan dan memetakan
beberapa produk dalam Matrik Boston Consulting Group (BCG)..
Jenis penelitian yang digunakan disini adalah penelitian empiris runtut
waktu/historis yang merupakan penelitian yang didasarkan pada fakta serta data
yang didapat dari perusahaan. Jenis data yang digunakan didalam penelitian ini,
yaitu data sekunder yang yang diperoleh secara tidak langsung dari sumbernya
tetapi melalui sumber lain yang mempunyai kaitan langsung dengan masalah yang
diteliti atau dengan kata lain data yang diperoleh dari pihak kedua. Analisis data
yang digunakan yaitu analisis trend kuadratik, market share, dan matrik BCG.
Hasil penelitian ini adalah tingkat pertumbuhan pasar pada tahun 2007 untuk
produk mie sohun Bintang Piring mengalami penurunan sebesar 46%, mie sohun
cap Golok sebesar 64,5% sedangkan mie sohun cap Burung mengalami tingkat
pertumbuhan sebesar 17,5%. PT. Bintang Mulya Jember mempunyai Market Share
sebesar 27,9% untuk mie sohun Bintang Piring, 0,2% untuk Cap Golok dan 2,4%
untuk mie sohun cap Burung. Pangsa pasar relatif PT. Bintang Mulya Jember
dibandingkan dengan PT. Lingkaran Mas Jember sebesar 1,001x untuk mie sohun
Bintang Piring, 0,19x untuk mie sohun Cap Golok dan 0,15x. Jika dibandingkan
dengan PT. Jago Superior Jember sebesar 0,6x untuk mie sohun Bintang Piring,
0,19x untuk mie sohun Cap Golok dan 0,17x untuk Mie Sohun Cap Burung.
Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa PT. Bintang
Mulya Jember dibandingkan dengan PT. Lingkaran Mas berada pada posisi Cash
Cow untuk produk mie sohun Bintang Piring, posisi dogs untuk cap Golok dan
Question Marks untuk mie sohun cap Burung. PT. Bintang Mulya Jember
dibandingkan dengan PT. Jago Superioe berada pada posisi dogs untuk produk mie
sohun Bintang Piring, posisi dogs untuk cap Golok dan Question Marks untuk mie
sohun cap Burung. | en_US |