Show simple item record

dc.contributor.authorImam Rahmat Setyo M.
dc.date.accessioned2014-01-20T06:18:12Z
dc.date.available2014-01-20T06:18:12Z
dc.date.issued2014-01-20
dc.identifier.nimNIM061910101144
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18390
dc.description.abstractPerlakuan terhadap gas buang dapat menurunkan emisi gas buang, menghemat bahan bakar dan meningkatkan unjuk kerja mesin. Salah satu cara perlakuan gas buang untuk menurunkan emisi gas buang, menghemat konsumsi bahan bakar dan meningkatkan untuk kerja mesin adalah dengan pemasangan catalytic converter. Catalytic converter merupakan alat yang digunakan sebagai kontrol emisi gas buang yang diletakkan setelah exhaust manifold pada system pembuangan kendaraaan bermotor ( Husselbee, 1985 ). Catalytic converter akan mempercepat oksidasi emisi hidrokarbon (HC) dan karbon monoksida (CO). Dalam penelitian ini katalis yang digunakan sebagai pengisi dari catalytic converter adalah serabut tembaga. Variasi yang digunakan adalah 25%, 50%, 75% dan 100% terhadap ruang knalpot yang digunakan. Analisa yang dilakukan meliputi Emisi gas buang yaitu CO dan HC, serta analisa unujk kerja mesin yaitu daya, torsi, konsumsi bahan mbakar spesifik, dan efisiensi termal. Variasi prosentase serabut tembaga sebagai katalis sangat berpengaruh terhadap laju aliran gas buang yang melewati katalis tesebut yang berkaitan dengan keoptimalan dalam mereduksi gas buang yang dihasilkan hasil pembakaran. Pengujian dengan prosentase serabut 50% tembaga mempunyai hasil rata-rata terbaik dalam mereduksi gas Hidrokarbon (HC) dan Karbonmonoksida (CO) jika dibandingkan dengan knalpot standar. Penurunan kadar CO tertinggi terjadi pada pipa katalis tembaga dengan prosentase serabut 50% dengan rata-rata penurunan sebesar 51,17% dan penurunan HC terjadi juga terjadi pada prosentase serabut 50% temabaga dengan rataratapenurunan 24,09%. Pemasangan catalytic converter dengan prosentase serabut 25% tembaga dapat menunjukkan peningkatan rata-rata daya sebesar 3,75% dan pada variasi knalpot 50% terjadi peningkatan torsi sebesar 2,5%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries061910101144;
dc.subjectCatalytic Converteren_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Catalytic Converter Sistem Serabut Dengan Logam Katalis Tembaga (Cu) Terhadap Emisi Gas Buang Dan Unjuk Kerja Motor Bensin Empat Langkah;en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record