dc.contributor.author | ANDIKA PRIA PERDANA | |
dc.date.accessioned | 2014-01-20T02:17:40Z | |
dc.date.available | 2014-01-20T02:17:40Z | |
dc.date.issued | 2014-01-20 | |
dc.identifier.nim | NIM040810201108 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18082 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini membahas tentang penentuan strategi pemasaran berdasarkan
kondisi perusahaan dari sisi pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, dan
operasional. Strategi pemasaran merupakan salah satu cara untuk mendukung
program pemasaran guna mencapai tujuan perusahaan yaitu mencari keuntungan dan
memberikan kepuasan terhadap konsumen. Tujuan penulisan ini adalah menentukan
alternatif strategi pemasaran pada Lembaga Pelatihan dan Kursus (LPK) OXFORD
Jember.
Strategi pemasaran perusahaan ditentukan menggunakan analisis SWOT yaitu
dengan mengidentifikasi faktor-faktor kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness)
dari sisi internal perusahaan serta peluang (opportunity) dan ancaman (threath) dari
sisi eksternal perusahaan. Faktor-faktor tersebut kemudian diolah kedalam tabel IFAS
dan EFAS untuk selanjutnya digunakan sebagai acuan dalam menentukan grand
strategi pemasaran dengan IE Matriks dan alternatif strategi pemasaran dengan
Matriks SWOT. Berdasarkan hasil tersebut, dipilihlah alternatif strategi yang sesuai
dengan kondisi perusahaan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian
deskriptif. Data yang diperoleh perusahaan di analisis menggunakan faktor Internal
(IFAS) dan faktor Eksternal (EFAS). Data yang diperoleh dari analisis faktor internal
dan eksternal tersebut kemudian digunakan untuk menentukan posisi perusahaan
dalam kuadran. Setelah posisi perusahaan diketahui, maka digunakanlah analisis
SWOT untuk dapat menentukan kebijakan dan strategi apa yang harus dilaksanakan
oleh Lembaga Pelatihan dan Kursus (LPK) OXFORD Jember.
Hasil penelitian ini dapat menyimpulkan bahwa strategi yang paling tepat
untuk perusahaan adalah strategi market penetration yaitu menitik beratkan pada
pemberian inovasi terhadap produk-produk jasa yang ditawarkan yang dijadikan
sebagai keunggulan kompetitif perusahaan. Perusahaan dapat meningkatkan kinerja
pemasaran dan menambah kualitas baik dalam pelayanan maupun dalam proses
belajar mengajar. Hal ini bertujuan untuk memperluas pangsa pasar dengan
mendapatkan konsumen semaksimal mungkin dan dengan membangun brand image
dan brand loyalty sebagai pendukung kegiatan promosi. Untuk mempertahankan
kinerja perusahaan, sebaiknya Lembaga Pelatihan dan Kursus (LPK) OXFORD
Jember perlu memperbaiki strategi pemasaran perusahaan dan semakin jeli dalam
memperhatikan kondisi internal dan kondisi eksternal perusahaan karena
pengidentifikasian kondisi lingkungan mutlak dilakukan dalam penentuan strategi
pemasaran. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 040810201108; | |
dc.subject | strategi pemasaran, analisis SWOT, market penetration | en_US |
dc.title | ANALISIS PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PADA LEMBAGA PELATIHAN DAN KURSUS (LPK) OXFORD JEMBER | en_US |
dc.type | Other | en_US |