Show simple item record

dc.contributor.authorDian Puspita Rachman
dc.date.accessioned2014-01-19T23:35:45Z
dc.date.available2014-01-19T23:35:45Z
dc.date.issued2014-01-19
dc.identifier.nimNIM040810201234
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17659
dc.description.abstractPerang tarif yang terjadi antar perusahaan selular mengakibatkan munculnya konsumen golongan baru yang dikenal dengan istilah konsumen swing voters. Konsumen swing voters adalah konsumen yang sering berpindah-pindah operator selular. Konsumen yang termasuk golongan switcher ini mampu memehuni target jumlah pelanggan pada perusahaan selular, sehingga perusahaanperusahaan selular berkompetisi ketat untuk menarik perhatian konsumen swing voters agar memilih merek produknya. Untuk itu perlu mengetahui faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen swing voters dalam pembelian kartu perdana selular agar dapat menentukan strategi pemasaran yang akan dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen swing voters dalam pembelian kartu perdana selular di Kabupaten Jember. Penelitian dilakukan di Kabupaten Jember dengan melibatkan 100 orang responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil kuesioner dan wawancara responden dan data sekunder yang berasal dari tinjauan empiris. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan kriteria responden pernah membeli kartu perdana Prabayar (simPATI, Kartu As, Mentari, IM3, Bebas, Jempol, dan Three) lebih dari tiga kali tanpa melakukan pengisian ulang pada periode Januari 2007-April 2008. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis faktor. Langkah pertama adalah melakukan observasi awal untuk menentukan beberapa faktor dasar yang mungkin mendasari atau mengungkapkan keterkaitan di antara sebagian besar variabel. Variabel-variabel tersebut dinamakan observed variable viii sehingga terbentuk satu atau lebih faktor. Untuk memperjelas variabel yang masuk ke dalam faktor tertentu dilakukan Rotasi Faktor. Untuk langkah ketiga adalah Interpretasi Faktor yaitu memberi nama atas faktor yang terbentuk yang dianggap bisa mewakili variabel-variabel anggota faktor tersebut. Hasil analisis faktor menunjukkan dari lima belas variabel terbentuk empat faktor yang dipertimbangkan konsumen swing voters dalam pembelian kartu perdana. Faktor pertama mencakup Variabel Sinyal Kuat, Harga Perdana Murah dan Undian Tahunan. Berdasarkan variabel yang tercakup, faktor pertama diberi nama Faktor Produk. Faktor kedua mencakup Variabel Tarif SMS Antar Operator Selular, Tarif Telepon Antar Operator Selular dan Tarif Layanan Multimedia. Berdasarkan variabel yang tercakup, faktor kedua diberi nama Faktor Tarif. Faktor ketiga mencakup Promosi Perusahaan Selular, Pengaruh Teman, Saudara untuk Menggunakan Merek Tertentu dan Relasi/Kerabat Banyak yang Menggunakan Merek Tertentu. Berdasarkan variabel yang tercakup, faktor ketiga diberi nama Faktor Lingkungan. Faktor keempat mencakup Variabel Jaringan GPRS, Proses Perolehan Kartu Perdana dan Bonus-Bonus Pada Kartu Selular. Berdasarkan variabel yang tercakup, faktor keempat diberi nama Faktor Fasilitas Tambahan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries040810201234;
dc.subjectKonsumen Swing Voters, Pembelian Kartu Perdanaen_US
dc.titleANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN SWING VOTERS DALAM PEMBELIAN KARTU PERDANA DI KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record