dc.description.abstract | Penelitian dengan judul Analisis Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan dan
Loyalitas Konsumen pada Hotel Ratna di Probolinggo bertujuan untuk
menganalisis dan mengetahui pengaruh kualitas jasa Hotel Ratna terhadap
kepuasan dan loyalitas konsumen. Kualitas jasa terdiri dari daya tanggap,
keandalan, empati, jaminan dan bukti fisik. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh konsumen yang telah menggunakan dan merasakan jasa pelayanan
perhotelan di Hotel Ratna Probolinggo. Sampel penelitian ini sebanyak 70
responden, mengunakan metode purposive sampling. Hasil dari penelitian ini
adalah variabel daya tanggap, keandalan , dan bukti fisik , berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, sedangkan variabel jaminan, dan
empati, tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Kemudian, hasil dari
penelitian ini terhadap loyalitas konsumen adalah variabel daya tanggap, keandalan, jaminan, empati, dan bukti fisik, berpengaruh
terhadap loyalitas konsumen, serta kepuasan konsumen, berpengaruh terhadap
loyalitas konsumen. | en_US |