dc.description.abstract | Penelitian dengan judul pengaruh faktor –faktor terhadap keputusan konsumen dalam
melakukan pembelian impulsif pada indomaret di kecamatan bondowoso kabupaten
bondowoso bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh faktor ruang
pamer/display produk, pramuniaga, suasana lingkungan toko, ketidak tersediaan
produk, promosi, penataan Barang, Lokasi strategis, dan Fasilitas pendukung
terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian impulsive, serta
mengetahui faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan konsumen
dalam melakukan pembelian impulsif.
Jenis penelitian ini adalah exsplanatory reseach atau confirmatory research,
yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal dan menguji keterkaitan antara
beberapa variabel melalui pengujian hipotesis atau penelitian penjelasan. Penelitian
ini menjelaskan variabel-variabel yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam
melakukan pembelian impulsif, yaitu faktor ruang pamer/display produk,
pramuniaga, suasana lingkungan toko, ketidak tersediaan produk, promosi, penataan
Barang, Lokasi strategis, dan Fasilitas pendukung. Data yang digunakan dalam
penelitian ini berupa data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuisioner.
Analisis data menggunakan metode metode analisis regresi logistik.
Berdasarkan hasil pengujian dapat dinyatakan bahwa variabel ruang
pamer/display produk, program promosi, lokasi strategis, dan penataan barang
mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen
dalam melakukan pembelian impulsif. Variabel ruang pamer/display produk dengan
koefisien regresi 1,162, variabel program promosi dengan koefisien regresi 0,863,
variabel lokasi strategis dengan koefisien regresi 0,986, dan variabel penataan barang
dengan koefisien regresi 0,955. Untuk variabel ketidaktersediaan produk berpengaruh
negatif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian
impulsif dengan koefisien regresi sebesar -0,867. Sedangkan variabel pramuniaga,
suasana lingkungan toko, dan fasilitas pendukung tidak berpengaruh signifikan
terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian impulsif. Hasil pengujian
juga menunjukkan bahwa faktor penataan barang merupakan faktor yang dominan
dalam menentukan keputusan konsumen dalam melakukan pembelian impulsif. | en_US |