Show simple item record

dc.contributor.authorPinken Vita Perdana
dc.date.accessioned2014-01-18T10:37:27Z
dc.date.available2014-01-18T10:37:27Z
dc.date.issued2014-01-18
dc.identifier.nimNIM080210101016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17037
dc.description.abstractBerdasarkan informasi dan observasi dari guru di SMP Negeri 12 Jember, siswa sering melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal tentang bangun ruang, salah satunya adalah kesalahan dalam perhitungan. Selain itu, banyak juga siswa yang masih salah dalam menggunakan rumus. Hal ini dapat disebabkan karena siswa lebih cenderung hanya menghafalkan rumus, kurang memahami konsep secara benar. Selain kesalahan-kesalahan tersebut, masih terdapat kesalahan-kesalahan lain yang dilakukan oleh siswa yang menyebabkan rendahnya prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan menggunakan dua siklus. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Quantum Learning, kecenderungan kesalahan yang dilakukan siswa, dan efektivitas Quantum Learning dalam mengatasi kesalahan siswa menyelesaikan soal pokok bahasan luas permukaan dan volume bangun ruang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Jember tahun ajaran 2011/2012, yang berjumlah 42 siswa. Pengumpulan data yang diambil dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dari hasil tes, yang dilakukan setelah kegiatan pembelajaran, dikelompokkan berdasarkan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa yang meliputi kesalahan teorema, kesalahan teknik, kesalahan penggunaan data, dan kesalahan lain. Proses penelitian diawali dengan tes pendahuluan untuk mengetahui kecenderungan jenis kesalahan siswa sebelum pembelajaran. Berdasarkan hasil tes pendahuluan pada balok dan kubus dapat diketahui analisis kesalahan teorema , kesalahan penggunaan data , kesalahan teknik , dan kesalahan lain . Kesalahan yang dilakukan siswa mengalami penurunan pada tes akhir balok dan kubus dengan rincian kesalahan teorema , kesalahan penggunaan data , kesalahan teknik , dan kesalahan lain . Diperoleh kesimpulan bahwa pada tes pendahuluan dan tes akhir, siswa lebih cenderung melakukan jenis kesalahan lain. Jenis kesalahan tersebut terjadi karena siswa tidak memahami konsep pada balok dan kubus, mengerjakan terburu-buru, kurang belajar, atau kehabisan waktu sehingga mengakibatkan melakukan jenis kesalahan lain. Hasil tes pendahuluan pada prisma dan limas dapat diketahui analisis kesalahan teorema , kesalahan penggunaan data , kesalahan teknik , dan kesalahan lain . Pada tes akhir prisma dan limas, kesalahan yang dilakukan siswa semakin berkurang. Persentase kesalahan teorema , kesalahan penggunaan data , kesalahan teknik , dan kesalahan lain . Hal ini membuktikan siswa cenderung melakukan kesalahan lain dalam mengerjakan soal tes prisma dan limas. Jika dibandingkan dengan persentase jenis kesalahan yang dilakukan siswa pada tes pendahuluan dan tes akhir siklus II ini, terjadi penurunan jenis kesalahan teorema, kesalahan penggunaan data, kesalahan teknik, dan kesalahan lain. Berdasarkan data di atas, menunjukkan bahwa persentase kesalahan siswa semakin berkurang dari siklus I ke siklus II. Data hasil observasi dibedakan menurut aktivitas guru dan siswa. Untuk aktivitas guru, pada siklus I rata-rata mencapai dan meningkat pada siklus II menjadi . Hasil analisis data diperoleh bahwa keaktifan siswa selama pembelajaran rata-rata sangat aktif, rata-rata keaktifan siswa pada tiap siklus yaitu siklus I mencapai , dan siklus II mencapai . Hal di atas telah membuktikan bahwa quantum learning cukup efektif dalam mengatasi kesalahan siswa menyelesaikan soal pokok bahasan luas permukaan dan volume bangun pada siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Jember yang terlihat dari adanya penurunan persentase kesalahan siswa dan peningkatan aktivitas siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210101016;
dc.subjectQuantum Learning, Mengatasi Kesalahan Siswa, Menyelesaikan Soalen_US
dc.titlePENERAPAN QUANTUM LEARNING DALAM MENGATASI KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL POKOK BAHASAN LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BANGUN RUANG DI KELAS VIII SMP NEGERI 12 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record