Show simple item record

dc.contributor.authorNYIMAS NUR AZIZAH
dc.date.accessioned2014-01-18T10:28:45Z
dc.date.available2014-01-18T10:28:45Z
dc.date.issued2014-01-18
dc.identifier.nimNIM080210101048
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17036
dc.description.abstractBanyak permasalahan yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Masalah-masalah tersebut antara lain disebabkan oleh pada pembelajaran sebelumnya selalu menggunakan pembelajaran konvensional, yaitu pembelajaran masih didominasi oleh guru, sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Murid–murid menghadapi kesulitan memahami konsep akademik (seperti konsep matematika). Selain itu dalam pembelajaran konvensional belum ada upaya untuk mengaitkan materi yang diajarkan dengan kehidupan seharihari siswa sehingga belajar menjadi tidak bermakna baginya. Salah satu model pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif adalah pembelajaran kontekstual dengan portfolio assessment. Dalam pembelajaran kontekstual terdapat tujuh komponen yaitu konstruktivisme (Constructivism), bertanya (Questioning), menemukan (Inquiry), masyarakat belajar (learning Community), pemodelan (Modeling), refleksi (Reflection), dan penilaian sebenarnya (Authentic Assessment). Dengan menerapkan portfolio assessment dapat membantu meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa, sebab siswa lebih senang pekerjaannya dinilai secara keseluruhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan, aktivitas siswa dan aktivitas kelompok serta peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Jenggawah selama pembelajaran kontekstual dengan portfolio assessment. Penelitian ini dilakukan di kelas IX A SMP Negeri 2 Jenggawah pada tanggal 28 Agustus sampai 8 September 2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus yakni siklus I dan siklus II. Penelitian pada siklus I sudah mencapai hasil yang maksimal yaitu rata-rata nilai portofolio kelas yaitu sebesar 80,69. Revisi perencanaan dan tindakan dilakukan dengan memberikan lebih banyak motivasi dan bimbingan kepada siswa yang kurang aktif, agar terjadi peningkatan keaktivan dan peningkatan hasil belajar pada siklus II. Nilai portofolio kelas yang diperoleh pada siklus II sebesar 83,49 yang mengalami peningkatan sebesar 2,8 poin dari siklus I. Pelaksanaan pembelajaran, keaktivan siswa secara individu maupun kelompok meningkat dibandingkan siklus sebelumnya namun ada penurunan pada nilai afektif siswa pada siklus 2 dibandingkan siklus 1 sebesar 14,99. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dengan menerapkan portfolio assessment ini dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Jenggawah pada pembelajaran sub pokok bahasan tabung dan kerucut.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210101048;
dc.subjectPembelajaran Kontekstual, Portfolio Assessment, Aktivitas Dan Hasil Belajaren_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN PORTFOLIO ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 JENGGAWAH PADA SUB POKOK BAHASAN TABUNG DAN KERUCUT TAHUN AJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record