Show simple item record

dc.contributor.authorNoer Wahidah
dc.date.accessioned2014-01-18T10:20:32Z
dc.date.available2014-01-18T10:20:32Z
dc.date.issued2014-01-18
dc.identifier.nimNIM080210101014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17033
dc.description.abstractUjian Nasional adalah salah satu alat evaluasi yang dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah. Salah satu fungsi dan tujuan Ujian Nasional adalah sebagai alat penentu kelulusan peserta didik, maka Ujian Nasional haruslah mampu memberikan informasi yang sesungguhnya tentang paraf penguasaan siswa terhadap materi pelajaran yang diajarkan pada suatu jenjang pendidikan. Penyusunan alat–alat evaluasi (instrumen evaluasi) merupakan hal yang sangat penting dalam evaluasi. Oleh sebab itu semakin baik alat–alat evaluasi yang digunakan maka semakin tepat data yang akan diperoleh. Untuk mengetahui kualitas soal maka harus diketahui terlebih dahulu bagaimana karakteristik butir soal tersebut. Karakteristik butir soal dapat dilihat dari tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektifitas pilihan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ruang lingkup materi dan karakteristik butir soal yan meliputi validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektifitas pilihan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yaitu dengan menelaah butir soal yang ditinjau dari validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektifitas pilihan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa butir soal Ujian Nasional matematika SMK kelompok akuntansi dan pemasaran tahun ajaran 2011/2012 secara umum telah memenuhi kriteria soal yang baik jika ditinjau dari daya pembeda, dan tingkat efektifitas. Kualitas soal UN matematika SMK kelompok akuntansi dan penjualan 2011/2012 ditinjau dari validitas item masih belum sepenuhnya memenuhi kriteria dikarenakan beberapa faktor diantaranya ada materi yang belum diajarkan pada saat pelaksanaan ujicoba soal dan faktor kesiapan dan kematangan dari siswa. Daya pembeda (indeks diskriminasi) kelima paket soal UN matematika SMK kelompok akuntansi dan penjualan tahun ajaran 2011/2012 dikatakan baik daya pembeda untuk paket A18 rata-rata besar daya pembedanya adalah 0,38 dengan kategori sedang, paket B21 sebesar 0,42 dengan kategori baik, paket C34 sebesar 0,37 dengan kategori sedang, paket D46 sebesar 0,37 dengan kategori sedang, paket E59 sebesar 0,42 dengan kategori baik. Efektifitas pilihan sebagian besar dari setiap pilihan kelima paket soal UN matematika SMK kelompok akuntansi dan pemasaran tahun ajaran 2011/2012 hanya terdapat beberapa item soal yang memiliki pilihan yang tidak efektif. Sebagian besar dari setiap pilihan pada soal UN telah memenuhi kriteria diantaranya untuk pilihan pengecoh jumlah pemilih harus lebih 5% pengikut tes, pilihan kunci lebih dar 0,25 dan kurang dari 0,75 serta omit tik lebih dari 10%. Kualitas ke lima paket soal UN matematika SMK kelompok akuntansi dan penjualan tahun ajaran 2011/2012 jika ditinjau dari tingkat kesukaranmasih belum sesuai dengan teori evaluasi pendidikan yaitu proporsi tingkat kesukaran adalah 27% mudah, 46% sedang, dan 27% sulit. Karena berdasarkan analisis yang diperoleh proporsi tingkat kesukaran untuk paket A18 adalah 10% mudah, 75% sedang dan 15% sulit, paket B21 adalah 7,5% mudah, 72,5% sedang dan 20% sulit, paket C34 adalah 10% mudah, 80% sedang dan 10% sulit, paket D46 5% mudah, 87,5% sedang dan 7,5% sulit, dan paket E59 adalah 10% mudah, 80% sedang dan 10% sulit.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210101014;
dc.subjectAnalisis Karakteristik, Butir Soal, Ujian Nasional, Bidang Studi Matematikaen_US
dc.titleANALISIS KARAKTERISTIK BUTIR SOAL UJIAN NASIONAL BIDANG STUDI MATEMATIKA SMK KELOMPOK AKUNTANSI DAN PENJUALAN TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record