Show simple item record

dc.contributor.authorMuzna Muchsin
dc.date.accessioned2014-01-18T10:13:55Z
dc.date.available2014-01-18T10:13:55Z
dc.date.issued2014-01-18
dc.identifier.nimNIM080210101040
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17031
dc.description.abstractMatematika merupakan salah satu pelajaran yang diujikan dalam UN. UN mata pelajaran matematika seharusnya dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi peningkatan mutu pendidikan di sekolah, tidak hanya memperlihatkan peningkatan nilai rata-rata tetapi juga dapat memberikan informasi mengenai daya serap siswa atau kemampuan penguasaan materi siswa pada pokok bahasan yang diujikan. Seluruh SMA di Indonesia melaksanakan UN, begitu pula dengan wilayah Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Pasuruan, dan Kota Pasuruan. Berdasarkan uraian di atas, diadakan penelitian dengan beberapa rumusan masalah yaitu: (1) bagaimana persentase ruang lingkup materi UN SMA (aljabar, trigonometri, geometri, kalkulus, logika matematika, statistika dan peluang) tahun pelajaran 2008-2010; (2) bagaimana persentase jumlah soal UN SMA berdasarkan klasifikasi tingkatan kelas (kelas X, kelas XI, dan kelas XII) tahun pelajaran 20082010; (3) bagaimana deskripsi daya serap siswa pada UN Matematika SMAN di Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Pasuruan, dan Kota Pasuruan tahun pelajaran 2008-2010. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa data sekunder yaitu data laporan hasil daya serap UN matematika SMA Negeri tahun pelajaran 2008–2010 program IPA dan IPS di Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Pasuruan, dan Kota Pasuruan, yang disusun oleh Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional (Balitbang Kemendiknas). Metode pengumpulan data yang sesuai dengan penelitian ini adalah metode dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode perbandingan tetap yang meliputi tahapan reduksi data, kategorisasi, sintesisasi, dan menyusun hipotesis kerja Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa ruang lingkup materi yang mendominasi soal UN SMAN program IPA pada tahun pelajaran 2008 - 2010 adalah materi Aljabar (45% - 55%), Kalkulus (20% - 25%) dan Trigonometri (10% - 12,5%), sedangkan pada soal UN program IPS materi yang mendominasi adalah Aljabar (55%), Statistika dan peluang (22,5% - 25%), serta Kalkulus (12,5% - 15%). Selain itu, Soal UN SMAN program IPA tahun pelajaran 2008 – 2010 didominasi oleh soal pada materi yang diajarkan di kelas XI (30%, 37,5%, dan 37,5%) dan kelas XII (42,5%, 35%, dan 32,5%.). Pada UN program IPS didominasi oleh soal pada materi yang diajarkan di kelas XI (42,5%) dan kelas X (42,5%, 30%, 30%). Pada UN program IPA persentase daya serap siswa rendah di Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Pasuruan, dan Kota Pasuruan, terjadi pada pokok bahasan proyeksi vektor berturut-turut adalah sebesar 55,97%, 52,48%, dan 53,39%. Sedangkan pada pokok bahasan integral tidak tentu persentase daya serap siswa berturut-turut adalah sebesar 52,25%, 58,92%, dan 23,5%. Pada UN program IPS persentase daya serap siswa rendah di Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Pasuruan, dan Kota Pasuruan, terjadi pada pokok bahasan program linier berturutturut adalah sebesar 41,2%, 47,84%, dan 19,07%. Untuk pokok bahasan turunan fungsi aljabar persentase daya serap siswa berturut-turut adalah sebesar 38,02%, 46,62%, 46,21%. Untuk pokok bahasan ukuran pemusatan suatu data persentase daya serap siswa berturut-turut adalah sebesar 45,85%, 50,7%, dan 58,14%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210101040;
dc.subjectDeskripsi, Daya Serap, Ujian Nasional Matematikaen_US
dc.titleDESKRIPSI DAYA SERAP UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMAN DI KABUPATEN BONDOWOSO, KABUPATEN PASURUAN, DAN KOTA PASURUAN TAHUN PELAJARAN 2008–2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record