• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MENYISIPKAN NILAI KARAKTER PADA SUB POKOK BAHASAN LAYANG-LAYANG DI KELAS VII SMP NEGERI 1 PAKUSARI SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Marta Citra Dewi - 070210191161_1.pdf (264.4Kb)
    Date
    2014-01-18
    Author
    Martha Citra Dewi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan kepada guru matematika kelas VII SMP Negeri 1 Pakusari, metode pembelajaran yang sering digunakan adalah metode ceramah. Pembelajaran tersebut masih berorientasi pada guru yaitu guru menerangkan dan siswa hanya mendengarkan saja. Selain itu siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Kurangnya partisipasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran menyebabkan hasil belajar siswa rendah dan ketuntasan hasil belajar siswa di bawah SKM Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran matematika realistik, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dengan pembelajaran matematika realistik pada sub pokok bahasan layang-layang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Pakusari semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Pengambilan data dimulai pada tanggal 4 April sampai dengan 21 April 2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Model skema yang diguna kan adalah model skema penelitian Hopkins di setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika realistik pada sub pokok bahasan layang-layang kelas VII SMP Negeri 1 Pakusari semester genap tahun pelajaran 2011/2012 dapat dilaksanakan melalui langkah-langkah yang disesuaikan dengan pembelajaran matemat ika realistik yaitu Berdasarkan hasil analisis tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran matematika realistik cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi layang-layang. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase aktivitas dan ketuntasan hasil belajar matematika di kelas pada tiap siklusnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17027
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3425]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository