Show simple item record

dc.contributor.authorMaria Shinta Dewi
dc.date.accessioned2014-01-18T09:08:13Z
dc.date.available2014-01-18T09:08:13Z
dc.date.issued2014-01-18
dc.identifier.nimNIM080210101056
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17026
dc.description.abstractPembelajaran quantum teaching merupakan suatu pembelajaran yang dapat melatih proses berpikir siswa aktif dan kreatif. Pembelajaran quantum teaching dipadukan dengan strategi whole brain teaching untuk mencapai suatu tujuan yaitu menciptakan pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa dalam memahami materi segitiga. Berdasarkan observasi awal, materi segitiga kurang menarik motivasi siswa dalam belajar. Melalui pembelajaran tersebut diharapkan dapat menjadi ketertarikan peserta didik dalam menguasai suatu konsep. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika bilingual berbasis quantum teaching dengan strategi whole brain teaching pada sub pokok bahasan segitiga. Subyek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIF SMP Negeri 3 Jember. Perangkat pembelajaran ini dikembangkan dengan model pengembangan Plomp. Namun pada penelitian ini, peneliti tidak mencantumkan fase yang terakhir yaitu fase implementasi. Fase yang pertama yaitu fase investigasi awal yang meliputi analisis kurikulum, analisis kondisi siswa, analisis materi, analisis keterampilan dasar, dan spesifikasi tujuan pembelajaran. Analisis ujung depan dilakukan di SMPN 3 Jember dan bekerja sama dengan guru matematika di kelas VII. Berdasarkan analisis investigasi awal, didapatkan kelas ujicoba yang sesuai dengan pembelajaran dan perangkat yang akan dikembangkan yaitu kelas VIIF dengan materi segitiga. Selanjutnya adalah fase perancangan perangkat pembelajaran yang meliputi penyusunan rencana pembelajaran sesuai dengan keterampilan dasar dan indikator yang dapat dicapai, pemilihan media dan format, serta desain awal perangkat. Fase selanjutnya adalah fase realisasi. Pada fase ini dihasilkan perangkat pembelajaran prototipe 1 yang meliputi RPP, LKS, Buku Siswa, dan THB. Perangkat dengan draft 1 ini kemudian divalidasi dan direvisi sehingga menghasilkan perangkat dengan draft 2. Kegiatan ini merupakan fase yang ke-4 yaitu fase tes, evaluasi, dan revisi. Setelah perangkat tersebut divalidasi oleh ke-4 validator maka diperoleh hasil dengan nilai validitas ≥ 0,95 dan sedikit revisi dari para validator. Hal itu menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan dapat memenuhi kriteria kevalidan. Setelah melalui sedikit revisi tersebut maka dengan persetujuan validator, perangkat pembelajaran tersebut siap untuk diujicobakan di kelas VIIF. Ujicoba tersebut kemudian dianalisis untuk mengetahui kelayakan perangkat yang dikembangkan dengan kriteria praktis dan efektif. Kriteria kepraktisan diperoleh melalui analisis data keaktifan guru. Kriteria keefektifan diperoleh melalui analisis data keaktifan siswa, analisis butir soal dan reliabilitas tes, serta ketuntasan hasil belajar. Berdasarkan hasil uji coba, diperoleh data yang menunjukkan bahwa perangkat tersebut praktis dengan persentase keaktifan guru di atas 80%. Sedangkan analisis data yang menunjukkan bahwa perangkat tersebut efektif adalah persentase keaktifan siswa ≥80%, koefisien validitas butir soal menunjukkan bahwa semua perangkat valid dan reliabilitas tes dengan α ≥ 0,6. Melalui angket respon siswa, ≥85% siswa memberikan respon positif terhadap perangkat yang dikembangkan. Berdasarkan uraian tersebut maka dihasilkan perangkat pembelajaran berbasis quantum teaching dengan strategi whole brain teaching pada sub pokok bahasan segitiga untuk SMP kelas VII yang telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210101056;
dc.subjectPengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Bilingual, Quantum Teaching, Strategi Whole Brain Teachingen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BILINGUAL BERBASIS QUANTUM TEACHING DENGAN STRATEGI WHOLE BRAIN TEACHING PADA SUB POKOK BAHASAN SEGITIGA UNTUK SMP KELAS VII TAHUN AJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record