Show simple item record

dc.contributor.authorDiah Kusmiatin
dc.date.accessioned2014-01-18T06:37:41Z
dc.date.available2014-01-18T06:37:41Z
dc.date.issued2014-01-18
dc.identifier.nimNIM030210101131
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16975
dc.description.abstractPembelajaran aktif model card sort merupakan pembelajaran yang menekankan keaktifan siswa, dimana dalam pembelajaran ini setiap siswa diberi kartu indeks yang berisi informasi tentang materi yang akan dibahas, kemudian siswa mengelompok sesuai dengan kartu indeks yang dimilikinya. Setelah itu siswa mendiskusikan dan mempresentasikan hasil diskusi tentang materi dari kategori kelompoknya. Di sini pendidik lebih banyak bertindak sebagai fasilitator dan menjelaskan materi yang perlu dibahas atau materi yang belum dimengerti siswa setelah presentasi selesai. Ciri khas dari pembelajaran aktif model card sort ini adalah siswa mencari bahan sendiri atau materi yang sesuai dengan kategori kelompok yang diperolehnya dan siswa mengelompok sesuai kartu indeks yang diperolehnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran aktif model card sort pada pokok bahasan segiempat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIA Semester Genap SMP Negeri 12 Jember. Pengambilan data melalui tes, observasi dan wawancara, dimulai pada tanggal 05 Mei 2007 sampai dengan tanggal 22 Mei 2007. Dari hasil dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) berdasarkan tanggapan siswa, penerapan pembelajaran aktif model card sort ini baik untuk diterapkan karena pembelajaran ini dapat memotivasi siswa dalam belajar dan siswa bisa mandiri, tidak hanya menerima bahan materi dari gurunya saja; (2) aktivitas siswa pada saat mengikuti Pembelajaran Aktif Model Card Sort pada Pokok Bahasan Segiempat termasuk dalam kategori aktif. Hal ini dapat dilihat dari persentase keaktifan siswa secara klasikal pada tahap I sebesar 71,9 %, tahap II sebesar 72 %, tahap III sebesar 73,8 % dan tahap IV sebesar 71,2 %; (3) pada pembelajaran ini dicapai ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 75,6%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries030210101131;
dc.subjectMODEL CARD SORT PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPATen_US
dc.titlePEMBELAJARAN AKTIF MODEL CARD SORT PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT UNTUK SISWA KELAS VIIA SEMESTER GENAP DI SMPN 12 JEMBER TAHUN AJARAN 2006/2007en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record