Show simple item record

dc.contributor.authorayu Novika Sari
dc.date.accessioned2014-01-18T06:13:27Z
dc.date.available2014-01-18T06:13:27Z
dc.date.issued2014-01-18
dc.identifier.nimNIM020210103128
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16955
dc.description.abstractModel pembelajaran merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar, model pembelajaran yang didominasi oleh guru harus diubah dengan cara menuntun siswa untuk dapat menemukan sendiri pengalaman belajar yang dapat membuat belajar lebih bermakna. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah Master dengan menggunakan peta pikiran (Mind Mapping). Model Pembelajaran Master yang terdiri atas motivating your mind (memotivasi pikiran), acquiring the fact (memperoleh fakta), searching out the meaning (menyelidiki makna), triggering the memory (memicu ingatan), exhibiting what you know (memamerkan apa yang siswa ketahui), reflecting you have learned (menilai diri), dirancang untuk dapat mengembangkan dan meningkatkan kompetensi, kreativitas, kemandirian, kerjasama, solidaritas, kepemimpinan, toleransi dan kecakapan hidup peserta didik. Dengan model Master diharapkan siswa memperoleh pengalaman belajar yang beragam, dapat bekerjasama dengan orang lain, aktif, dapat berpikir kritis dan kreatif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui adanya perbedaan hasil belajar antara pembelajaran Master menggunakan peta pikiran dengan pembelajaran konvensional (ceramah dan tanya jawab) dan mengetahui ketuntasan belajar siswa serta mengukur berapa besar efektivitas model pembelajaran Master menggunakan peta pikiran terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan di SMPN 1 Prajekan–Bondowoso dengan responden penelitian siswa kelas IX SMPN 1 Prajekan semester genap tahun pelajaran 15 2006/2007. Responden penelitian ditentukan dengan uji homogenitas pokok bahasan sebelumnya (Alat Reproduksi Pada Tumbuhan), Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan Anava pada taraf signifikansi 5%. Selanjutnya dilakukan pengundian untuk menentukan kelas kontrol (kelas yang diajar dengan pembelajaran konvensional) dan kelas eksperimen (kelas yang diajar dengan model pembelajaran Master menggunakan Peta pikiran). Metode dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, metode interview, metode observasi dan metode tes. Sumber data adalah siswa kelas IX dan guru mata pelajaran Biologi SMPN 1 PrajekanBondowoso. Hasil belajar siswa setelah penelitian dianalisis dengan uji t. Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen setelah perlakuan untuk aspek kognitif adalah 69,16 ± 10,25; aspek afektif 79,0 ± 9,20; dan aspek psikomotorik 70,0 ± 6,90; sedangkan kelas kontrol hasil belajar aspek kognitif 57,5 ± 10,60; aspek afektif 71,0 ± 8,07; dan aspek psikomotorik 64,1 ± 10,1. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol dan hasil t > t tabel 5%, untuk aspek kognitif; aspek afektif; dan aspek psikomotorik dan t 2,67; karena t hitung > t terdapat perbedaan yang signifikan antar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perhitungan persentase ketuntasan belajar untuk kelas eksperimen aspek kognitif 65,8%; aspek afektif 86,84%; dan aspek psikomotorik 84,2%. Perhitungan efektifitas relatif untuk aspek kognitif 20%, aspek afektif 13% dan aspek psikomotorik 9%. tabel Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, pembelajaran Master dengan menggunakan peta pikiran dapat menuntaskan hasil belajar siswa, serta pembelajaran Master dengan menggunakan peta pikiran lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries020210103128;
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN MASTER MENGGUNAKAN PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGIen_US
dc.titleIMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MASTER MENGGUNAKAN PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMP NEGERI 1 PRAJEKAN-BONDOWOSOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record