• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    STUDI PERBANDINGAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONCEPT MAPPING DAN PREVIEW QUESTION READ REFLECT RECIT AND REVIEW ( AND THE ROOT FORM DI KELAS X SMA NEGERI 1 KENCONG TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Dian Purnomo - 070210191075_1.pdf (259.7Kb)
    Date
    2014-01-17
    Author
    Dian Purnomo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pelajaran matematika merupakan salah satu bagian dari ilmu pengetahuan alam, dan bersifat pasti. Disamping itu, dalam pembelajaran siswa dituntut untuk memahami dan menganalisis materi dengan cermat. Siswa tidak boleh hanya menghafal rumus atau hanya membaca saja. Oleh karena itu dalam pembelajaran perlu diterapkan beberapa strategi pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan keaktifan siswa. Strategi pembelajaran banyak macamnya, diantaranya adalah strategi pembelajaran concept mapping dan strategi pembelajaran PQ4R. Pada penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan strategi Concept Mapping dan siswa yang diajar dengan menggunakan strategi PQ4R. Penelitian ini mencoba untuk membandingkan hasil belajar mana yang lebih baik dari ke-2 strategi tersebut. Disamping itu, juga akan diteliti apakah kedua strategi tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah jenis eksperimen, yang membandingkan 2 strategi pembelajaran yaitu strategi concept mapping dan strategi PQ4R. pada penelitian ini, sampel yang dipilih adalah kelas X dan X di SMA Negeri 1 Kencong. Kelas X sebagai kelas eksperimen 1 yang diberi pembelajaran dengan strategi concept mapping dan kelas X sebagai kelas eksperimen 2 yang diberi pembelajaran dengan strategi PQ4R. Hasil penelitian diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas yang diberi pembelajaran dengan strategi concept mapping dan kelas yang diberi pembelajaran dengan strategi PQ4R. Selain itu, hasil penelitian membuktikan bahwa hasil belajar dari strategi pembelajaran concept mapping lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar dari strategi pembelajaran PQ4R. Kenyataan lain dari hasil penelitian diperoleh, kedua strategi tidak dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena beberapa faktor diantaranya bahwa kedua strategi cukup rumit untuk diterapkan dan alasan lain karena materi pembelajaran cukup sulit bagi siswa. Namun, dari hasil penelitian juga diperoleh bahwa kedua strategi pembelajaran tersebut dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16469
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3447]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository