Show simple item record

dc.contributor.authorPUSPITA TRI OKTAVIANDANI
dc.date.accessioned2014-01-17T15:37:14Z
dc.date.available2014-01-17T15:37:14Z
dc.date.issued2014-01-17
dc.identifier.nimNIM080810291118
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16461
dc.description.abstractLoyalitas merupakan perilaku konsumen dimana konsumen melakukan pembelian ulang secara teratur. Dalam penelitian ini loyalitas pelanggan internet Speedy di Jember diukur dengan pembelian ulang. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh faktor internal (usia, jumlah anggota keluarga, jenis kelamin, tingkat pendidikan) dan faktor eksternal (status sosial, keluarga, kelompok referensi, kualitas, merek serta pelayanan dan jaminan. Konsumen yang dianggap loyal akan berlangganan atau melakukan pembelian ulang selama jangka waktu tertentu dan konsumen yang loyal sangat berarti bagi perusahaan karena biaya untuk mendapatkan konsumen baru lebih mahal daripada memelihara konsumen lama. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis regresi logistik stepwise backward. Analisis ini dilakukan melalui beberapa step agar didapatkan kombinasi variabel yang tepat untuk mengetahui pengaruh faktor internal dan eksternal yang akan diteliti yakni dalam pembelian ulang. Dari hasil analisis regresi logistik stepwise backwad diketahui bahwa kombinasi variabel yang tepat dalam pembelian ulang untuk mengukur loyalitas pelanggan internet Speedy di Jember ialah variabel tingkat pendidikan, keluarga serta pelayanan dan jaminan. Hasil penelitian ini tidak sepenuhnya sesuai dengan teori mengenai perilaku konsumen dalam melakukan pembelian maupun pembelian ulang. Dilihat dari realisasi yang telah dianalisis, tidak semua variabel (usia, jumlah anggota keluarga, jenis kelamin, tingkat pendidikan, status sosial, keluarga, kualitas, merek, serta pelayanan dan jaminan) tersebut dapat mengukur keputusan pembelian ulang pada konsumen, terutama dalam mengukur loyalitas. Hasil penelitian ini menunjukkan dalam memahami perilaku konsumen perlu memperhatikan faktor demografi, lingkungan dan atribut produk dengan mempertimbangkan tingkat pendidikan, keluarga, pelayanan dan jaminan karena faktor tersebut menjadi faktor yang sangat dipertimbangkan oleh konsumen dalam melakukan pembelian ulang layanan internet Speedy di Jember. Taraf signifikansi yang digunakan ialah 5% (0,05). Signifikansi pengaruh variabel tingkat pendidikan terhadap pembelian ulang ialah (3,9%) 0,039. Signifikansi pengaruh variabel keluarga terhadap pembelian ulang ialah (3,1%) 0,031. Signifikansi pengaruh variabel pelayanan dan jaminan terhadap pembelian ulang ialah (0%) 0,000. Untuk faktor usia, jumlah anggota keluarga, jenis kelamin, status sosial, kelompok referensi, kualitas dan merek tidak menunjukkan sigifikansi yang sesuai yakni untuk taraf signifikansi 5% (0,05). Namun variabel-variabel tersebut juga perlu diperhatikan, sebab juga mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan untuk tidak membeli ulang layanan internet Speedy di Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080810291118;
dc.subjectlayanan internet, loyalitas, pembelian ulangen_US
dc.titlePEMODELAN BACKWARD LOGISTIC REGRESSION UNTUK MENGUKUR LOYALITAS PELANGGAN INTERNET SPEEDY DI JEMBER (Studi Kasus Pada PT. TELKOM Kandatel Jember)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record