| dc.description.abstract | SHORT  MESSAGE  SERVICE  (SMS)  adalah  salah  satu  jenis  dari  bermacam-
macam  alat  komunikasi  yang  telah  berkembang  sejak  beberapa  tahun  silam.  SMS 
digunakan  sebagai  alat  untuk  berkomunikasi  antara  orang  yang  satu  dengan  orang 
yang  lainnya  jika  berada  pada  jarak  yang  jauh.  Sama  halnya  ketika  Idul  Fitri  dan 
Ramadan, orang-orang lebih memilih untuk menggunakan SMS sebagai sarana untuk 
saling  memaafkan  dan  bersilahturahmi  dengan  orang  lain  jika  sedang  berada  pada 
jarak yang jauh.  
  Makna  afektif  dan  makna  emotif  berkenaan  dengan  perasaan  pengirim 
(petutur)  dan  penerima  (mitra  tutur)  secara  pribadi,  baik  antara  pengirim  dan 
penerima  dan  terhadap  objek  yang  sedang  dibicarakan.  Bahasa  yang  digunakan 
mencerminkan perasaan pribadi dan sikap petutur terhadap hal yang dibicarakan dan 
perasaan  pribadi  dan  sikap  mitra  tutur  terhadap  hal  yang  dibicarakan.  Permasalahan 
yang  dikaji  dalam  penelitian  ini  adalah:  bentuk  bahasa  (kata)  yang  memiliki  makna 
afektif  dan  makna  emotif  dalam  ucapan  Selamat  Idul  Fitri  dan  Ramadan  melalui 
SMS;  fungsi  makna  afektif  dan  makna  emotif  dalam  ucapan  Selamat  Idul  Fitri  dan 
Ramadan  melalui  SMS;  faktor  yang  mempengaruhi  bentuk  bahasa  yang  memiliki 
makna  emotif  dalam  ucapan  Selamat  Idul  Fitri  dan    Ramadan  melalui  SMS  dari  
pengirim terhadap penerimanya; serta pengaruh bentuk bahasa yang memiliki makna 
afektif dalam ucapan Selamat Idul Fitri dan Ramadan melalui SMS yang didapatkan 
penerima dari pengirimnya.  
  Pendekatan  yang digunakan  yaitu pendekatan kualitatif. Pengambilan sampel 
dalam penelitian ini berdasarkan bentuk-bentuk bahasa  yang memiliki makna afektif 
dan  makna  emotif  dalam  ucapan  selamat  Idul  Fitri  dan  Ramadan  melalui  SMS, 
informan  berupa  orang-orang  yang  pernah  mengirim  dan  menerima  ucapan  selamat Idul Fitri dan Ramadan melalui SMS. Jumlah ucapan SMS yang diteliti sebanyak  12 
data dan jumlah informan sebanyak 4 orang. Lokasi wawancara dilakukan di Jember. 
Peneliti  menggunakan  metode  penelitian  yang  meliputi  tiga  tahap,    yaitu  (1)  tahap 
penyediaan  data;  (2)  tahap  analisis  data;  dan  (3)  tahap  penyajian  hasil  analisis  data. 
Metode  penyediaan  data  yang  digunakan  adalah  metode  simak  yang  menggunakan 
metode  simak  bebas  libat  cakap  (SBLC),  kemudian  untuk  informan  menggunakan 
metode  cakap  dengan  instrumen  pedoman  wawancara  dan  teknik  catat.  Dalam 
menganalisis  data,  peneliti  membandingkan  atau  mengkomparasikan  antara  makna 
referensial  dan  makna  pemakaiannya  (makna  gramatikalnya),  serta  dilihat  dari 
konteksnya.  Selain  itu,    untuk  mendeskripsikan  permasalahan  kedua,  ketiga  dan 
keempat, peneliti menggunakan analisis penelitian deskriptif. Metode penyajian hasil 
analisis data yang digunakan yaitu metode penyajian informal.  
  Dari  hasil  penelitian,  diperoleh  bahwa  bentuk-bentuk  bahasa  yang  memiliki 
makna  afektif  dan  makna  emotif  dalam  ucapan  selamat  Idul  Fitri  dan  Ramadan 
melalui  SMS    berupa  kata.  Makna  afektif  dan  makna  emotif  dalam  ucapan  selamat 
Idul  Fitri  dan  Ramadan  melalui  SMS  berfungsi  untuk  melepaskan  tekanan  perasaan 
yang dirasakan, untuk merendahkan diri, menimbulkan perasaan senang dan terharu. 
Bentuk bahasa  yang digunakan juga beragam, antara lain  yaitu, hiperbola, metafora, 
personifikasi,  sinkedok,  asindenton,  polisindenton,  metonimia,  personifikasi, 
eufimisme  dan  simploke.  Berdasarkan  wawancara  yang  dilakukan,  faktor  yang 
melatarbelakangi  pengirim  untuk  mengirim  ucapan  selamat  Idul  Fitri  dan  Ramadan 
melalui  SMS  terhadap  penerimanya  meliputi  faktor  keindahan,  faktor  kedekatan 
hubungan,  faktor  hubungan  silahturahmi,  faktor  keefektifan,  dan  faktor  meramaikan 
suasana. Selain itu, pengaruh bahasa yang digunakan dalam ucapan selamat Idul Fitri 
dan  Ramadan  melaui  SMS,  yaitu  menimbulkan  perasaan  senang  dan  terharu. 
Beberapa  informan  lebih  memeilih  SMS  sebagai  media  untuk  menyampaikan  pesan 
terhadap orang lain karena terjangkau dan cepat sampai pada orang yang dituju. SMS 
dipilih  karena  pengirim  bisa  merangkai  kata-kata  indah  untuk  dikirimkan  kepada 
orang lain. | en_US |