Show simple item record

dc.contributor.authorARIEF HILMAN AFTHONI
dc.date.accessioned2014-01-16T05:46:21Z
dc.date.available2014-01-16T05:46:21Z
dc.date.issued2014-01-16
dc.identifier.nimNIM070210191019
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15236
dc.description.abstractPendidikan merupakan kebutuhan sepanjang hayat. Setiap manusia membutuhkan pendidikan, sampai kapan dan dimanapun ia berada. Pendidikan harus diarahkan untuk menghasilkan manusia yang berkualitas dan mampu bersaing di jaman yang terus menerus berkembang. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, tentu saja tidak terlepas dari proses belajar mengajar sebagai kegiatan utama di sekolah. Dua faktor yang cukup berpengaruh dalam kegiatan belajar mengajar yaitu pemilihan metode/strategi pembelajaran yang sesuai untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran dan perangkat pembelajaran. Dalam penelitian ini , peneliti mencoba menggunakan pembelajaran berbasis MMP agar dapat difungsikan sebagai model pembelajaran untuk mendisiplinkan siswa dan juga melatih siswa untuk menonjolkan perilaku berkarakter dan keterampilan sosialnya selama pembelajaran berlangsung. Perangkat pembelajaran adalah sekumpulan sumber belajar yang memungkinkan siswa dan guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran ( Hobri, 2010:31) . Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk perangkat pembelajaran menggunakan model MMP pada materi Prisma dan Limas berupa RPP, LKS, Buku Guru, Buku Siswa dan Tes Hasil Belajar serta mengetahui kelayakan dan hasil uji coba perangkat pembelajaran t ersebut. Model pengembangan perangkat yang digunakan beracuan pada model Thiagarajan dimulai dengan menetapkan kebutuhan pembelajaran, yaitu telaah karakteristik siswa, konsep yang akan diajarkan, tugas belajar yang akan diberikan, dan tujuan pembelajaran. Proses pengembangan dilanjutkan dengan merancang prototype ( Draft 1) perangkat pembelajaran yang dimulai dengan merancang alat evaluasi dan memilih media serta format pembelajaran. Proses pengembangan selanjutnya adalah validasi serta uji coba perangkat pembelajaran. Berdasarkan hasil penilaian dan validasi, perangkat pembelajaran direvisi dan hasilnya disebut Draft 2 yang layak untuk diujicobakan. Hasil uji coba digunakan sebagai masukan untuk memperbaiki kualitas perangkat pembelajaran dan hasilnya disebut draft 3 ( produk) . Dari hasil validasi perangkat pembelajaran diperoleh koefisien validitas RPP, LKS, Buku Siswa dan THB berturutturut adalah 0,90 , 0,86 , 0,91 dan 0,94. Perangkat tersebut dikatakan valid atau layak karena skor atau koefisien validitasnya lebih dari 0,60 yang berarti koefisien validitas tinggi atau sangat tinggi. Persentase aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada pertemuan pertama sampai pertemuan keempat, berturut-turut adalah 84,62%, 94,87%, 94,87% dan 92,31%. Hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran tersebut telah memenuhi kriteria kepraktisan. Persentase aktivitas siswa pada pertemuan pertama sampai pertemuan keempat, berturut-turut adalah 85%, 83,33%, 81,67% dan 81,67%. Dari analisis angket yang telah diisi oleh 31 siswa diperoleh bahwa lebih dari 80% siswa memberikan respon positif terhadap seluruh aspek yang ditanyakan dalam angket. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memberikan respon baik terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Dari analisis validitas butir soal THB ternyata terdapat 14 butir soal yang nilai validitasnya tinggi dan 1 butir soal yang nilai validitasnya rendah dan 5 soal yang nilai validitasnya sangat rendah. Berarti secara keseluruhan perangkat THB ini dikatakan valid. Dapat dikatakan bahwa perangkat pembelajaran matematika menggunakan model MMP telah memenuhi kriteria keefektifan perangkat pembelajaran. Berdasarkan kriteria-kriteria kualitas perangkat pembelajaran yang telah terpenuhi, dihasilkan perangkat pembelajaran matematika menggunakan model Missouri Mathematics Project ( MMP ) pada pokok bahasan Prisma dan Limas untuk siswa Madrasah Tsanawiyah ( MTs ) yang layak dan dapat digunakan oleh guru tingkat MTs/SMP untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika yang menggunakan model Missouri Mathematics Project ( MMP ) yang terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) , Lembar Kerja Siswa ( LKS ) , Buku Siswa dan Tes Hasil Belajar ( THB ) .en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210191019;
dc.subjectPERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA, MISSOURI MATHEMATIC PROJECTen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP ) PADA POKOK BAHASAN PRISMA DAN LIMAS MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) KELAS VIII TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record