Show simple item record

dc.contributor.authorI k a R a hmi Ha ri I ndria ni
dc.date.accessioned2014-01-16T03:55:42Z
dc.date.available2014-01-16T03:55:42Z
dc.date.issued2014-01-16
dc.identifier.nimNIM080210191020
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15088
dc.description.abstractD a lam pr oses be laja r meng a ja r, diper lukan a da n y a pe milih an model pe mbela jar a n y a n g tep a t da n s e suai de n ga n mate ri y a n g disampa ikan de mi ter c a p a in y a tuj ua n pe m be laja ra n. P e mbela j a ra n y a n g se lama ini be rla ng sun g di be be ra p a se kolah, t e rma s uk S MP N 3 Ar jasa , lebih be r or ienta si p a da tar ge t pe mber ian konse p tanpa membe rika n ke se mpata n ke pa d a sis wa untuk mene mukan ke mbali a sa l mul a konse p ter se but d e nga n c a ra me re ka s e n diri , se hingg a p e mbela j a ra n y a n g de mi kian a ka n kura n g b e rma kna . Akib a tn y a , ba n y a k sis w a y a n g kur a n g bisa da lam meme c a hk a n masa lah di ke hidupan se ha ri ha ri. S a lah sa tu solus i y a n g da p a t dig una k a n untuk mene r a pka n pe mbela ja ra n dim a na sis wa da pa t men e mukan ke mbali konse p da ri suatu mate ri a da lah de n g a n men gg u na ka n pe nde k a tan RM E ( R e ali ist ics M athem at ics Educ ati on ) . P e mbela jar a n mate matik a re a li sti k a da lah pr ose s pe mbela jar a n mate mat ika y a n g men gg una k a n du ni a n y a ta seba ga i t it ik t olak untuk men g e mban g k a n konse p da n g a ga sa n mate matika . S iswa diber i ke se mpata n un tuk meng konst ruk masa l a h masa lah dunia n y a t a de n g a n c a ra mer e ka se ndiri da n g ur u ha n y a mempun y a i p e r a n se ba g a i fa sil it a tor sa ja . Ka ra kte risti k RM E ya n g di g u na ka n untuk men y e les a ikan suatu pe r masa lah an , y a it u: p e ngg una a n dunia n y a ta ( sis wa diber ikan pe rm a s a laha n d a n dim int a untuk memba y a ng ka nn y a b e rk a it a n de n ga n dunia n y a ta ) , p e n gg u na a n model (siswa diber ik a n media be rupa be nd a a t a u g a mbar y a n g se suai u ntuk memba ntu meme c a hk a n pe rma s a la ha n ) , pr oduksi da n k onst ruksi sis wa (siswa diber ikan ke se mpata n untuk mengkonstruk da n menua ng k a n ide ide kr e a ti f ) , int e ra kti f (siswa dim int a untuk mempr e se ntasika n ha sil pe ke rja a nn y a ) , da n ke ter k a it a n unit be laja r (siswa dibi mbi ng de n g a n r unut dala m m e n y e les a ikan pe rma s a laha n) . Tujua n da ri pe ne li ti a n ini a da lah untuk mende skripsi ka n pr oses pe ne ra pa n pe mbela jar a n RM E , men g e t a hui a kti vit a s be l a jar sis wa da n k e tunt a sa n ha sil be laja r sis wa ke ti ka pe mbel a jar a n RM E dit e r a pka n p a d a sub pokok ba h a sa n pe rba ndingan da n ska la ke las V II B di S MP N 3 A rja sa tahun a ja ra n 20 12/2013 . J e nis pe ne li ti a n y a ng dig una ka n a da lah P e ne li ti a n Tinda ka n Ke las (PTK) de ng a n meng g una ka n sikl us m ode l Hopkins , y a it u fa se pe re nc a na a n, ti nda ka n, obser va si, da n re fle ksi. P e ne li ti a n dil a ksana ka n tang g a l 26 Nove mber sa mpai de ng a n 6 De s e mber 2012 da n subj e k y a ng dit e li ti a da lah sis wa ke las VI I B S MP Ne g e ri 3 Ar jasa . W a ktu pe ne li ti a n a da lah se meste r g a nji l tahun a jar a n 2012/2013. Metode pe ng umpul a n da ta y a ng dig una ka n a da lah metode obser va si , wa wa nc a ra , tes , da n dokumenta si . Ana li sis da ta y a ng dig una ka n a da lah a na li sis kua li tatif pa da a kti vit a s g ur u, si swa , da n ke tunt a sa n ha sil be laja r . Da ta ha sil obser va si dibeda ka n me nurut a kti vit a s g ur u da n a kti vit a s sis wa . P e rse ntase a kti vit a s g ur u meng a lami pe ning ka tan, y a it u 80,20 % pa da sikl us I da n 90,62 % pa da sikl us I I . P e rse ntase a kti vit a s sis wa meng a lami pe ning ka tan y a ng c ukup sig nifika n pa da sikl us I da n sikl us I I . P e rse ntase a kti vit a s sis wa pa da sikl us I se be sa r 65,0 6% d a n pa da sikl us I I pe rse ntase n y a se be sa r 75,64% . Untuk ke tunt a sa n be laja r dil ihat da ri ke tunt a sa n be laja r se c a ra indi vidu da n klasika l. Ke tunt a sa n be laja r se c a ra indi vidu, pe rse ntase ke tunt a sa n be laja r ny a se be sa r 46,15% pa da sikl us I mening ka t menja di 8 8,46% pa da sikl us I I . Ke tunt a sa n be laja r se c a ra klasika l, pada sikl us I se be sa r 76,92% mening ka t menja di 100% pa da sikl us I I . B e rda s a rka n ha sil pe ne li ti a n, pe ne ra pa n pe mbela jar a n RM E e fe kti f dig una ka n untuk mening ka tkan a kti vit a s da n ha sil be laja r sis wa ke las VI I B S MP Ne g e ri 3 Ar jasa pa da sub pokok ba ha sa n pe rba nding a n da n ska la.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries0 802101910 20;
dc.subjectR e ali sti c Mat h e mat ics E du c ati o nen_US
dc.titleP e n e r ap an P e m b e laja r an R e ali sti c Mat h e mat ics E du c ati o n (RM E ) U n tuk M e n in gk at k an A k t ivi tas Dan Has il B e lajar S isw a P ad a S u b P ok ok B ah a sa n P e r b an d in gan D an S k a la D i S M P Ne g e r i 3 Ar jasa Kelas VII B S e m e ste r G an jil T ah u n A jar an 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record