dc.description.abstract | Loyalitas merek yang menjadi fokus dalam penelitian ini menjadi
fenomena yang menarik bagi perusahaan dalam rangka menghadapi ketatnya
persaingan, dimana semakin banyak merek baru yang bermunculan di pasar.
Semakin kuat brand loyalty suatu merek, semakin kuat pula daya tarikya di mata
konsumen untuk mengkonsumsi merek tersebut yang selanjutnya mengiring
konsumen pada tindakan pembelian serta mengantarkan perusahaan meraih
keuntungan dari waktu ke waktu. Penelitian yang dilakukan oleh Moch. Zainul
Arifi, yang berjudul Analisis Loyalitas Merek (Brand Loyalty) Produk Deterjen
pada Mahasiswa S1 Jurusan Manajemen Angkatan 2003-2006 Fakultas Ekonomi
Universitas Jember menganalisa indikator-indikator brand loyalty yaitu Switcher,
Habitual Buyer, Satisfied Buyer, Liking The Brand, dan Committed Buyer. Alat
analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode rata-rata dan standar
deviasi, brand switching pattern matrix, dan piramida brand loyalty.
Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian deskriptif survey dimana informasi yang didapatkan berasal dari
responden dengan menggunakan kuesioner. Responden dari penelitian ini adalah
mahasiswa fakultas ekonomi jurusan manajemen angkatan 2003-2006 dengan
menggunakan teknik purposive sample.
Berdasarkan analisis brand loyalty, deterjen Rinso, Attack, dan So Klin
memiliki tingkat loyalitas yang kuat dengan bentuk piramida brand loyalty yang
mendekati piramida terbalik sempurna. Deterjen Rinso mempunyai konsumen
paling banyak pada tingkat satisfied buyer dan liking the brand dimana nilai
masing-masing tingkatan sebesar 90%. Deterjen Attack mempunyai konsumen
paling banyak pada tingkat satisfied buyer sebesar 96,67%. Deterjen So Klin
memiliki jumlah konsumen terbesar pada tingkat Satisfied Buyer dan Liking The
Brand, dimana nilai masing-masing tingkatan sebesar 96,67%.
Berdasarkan brand switching pattern matrix analysis, deterjen Rinso dan
So Klin memiliki nilai tingkat kemungkinan perpindahan merek yang besar yaitu
51,08%, sehingga pada masa yang akan datang ada kemungkinan tingkat loyalitas
merek produk ini menurun, sedangkan nilai ProT deterjen Attack sebesar 31,01%,
nilai ini menunjukkan pada masa yang akan datang ada kemungkinan tingkat
loyalitas merek pada deterjen Attack akan menguat. | en_US |