dc.description.abstract | Persoalan budaya dan karakter semakin memudar dikalangan para pelajar.
Berbagai alternatif penyelesaian telah dan terus diupayakan seperti peraturan undangundang
untuk meningkatkan pelaksanaan penegakan hukum yang lebih kuat.
Alternative lain untuk mengatsi persoalan budaya dan karakter bangsa adalah
pendidikan. Dalam dunia pendidikan pembelajaran berbasis karakter merupakan
alternatif yang sangat tepat untuk memperbaiki suasana proses pendidikan nasional
saat ini. Pembelajaran berbasis karakter adalah pembelajaran yang menanamkan
karakter bagi siswa melalui pengembangan karakter secara progresif selama proses pembelajaran di kelas. diperoleh dari siswa kelas X SMA Negeri Balung Jember dan guru mata pelajaran
ekonomi kelas X SMA Negeri Balung Jember, dan metode dokumentasi untuk
mendapatkan hasil belajar siswa, absensi siswa, data lainnya yang dianggap penting
dari SMA Negeri Balung Jember. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji
reliabilitas. Untuk mengukur hubungan antara pembelajaran berbasis karakter dengan
media komputer interaktif terhadap hasil belajar siswa menggunakan analisis statistik:
analisis regresi linier, analisis varian garis regresi, uji F, dan uji t.
Hasil pengolahan data yang dibuktikan dengan menggunakan uji F dengan
hasil F
hitung
(198,845) > F
(3,982) dengan taraf signifikan α = 0,05 > 0,000. Secara
parsial dengan uji t variabel pembelajaran berbasis karakter dengan penggunaan
media komputer interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri Balung Jember semester gasal tahun ajaran
2011/2012 dengan t
hitung
tabel
= 22,022 > t
1,993 dan α = 0,05 > sig = 0,000,. Koofesien
determinasi (R
square
tabel
) yang berarti variabel pembelajaran berbasis karakter dengan
media komputer interaktif memberikan proporsi sumbangan sebesar 87,4% terhadap
hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri Balung Jember
tahun ajaran 2011/2012.
Pembelajaran berbasis karakter dengan penggunaan media komputer interaktif
yang dibagi menjadi dua indikator yaitu karakter kemandirian dan karakter
kedisiplinan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri Balung Jember tahun ajaran
2011/2012. Hal itu dikarenakan pembelajaran berbasis karakter dengan media
komputer interaktif, dengan indikator karakater kemandirian memberikan peranan
bagi siswa untuk selalu percara akan kemampuannya sendiri, selalu berusaha
semaksimal mungkin dalam menyelesaikan tugas-tugasnya tanpa tergantung kepada
orang lain, dan berperilaku berdasarkan inisiatif sendiri dalam menyelesaikan tugastugas
dan
dalam
mengikuti
proses
pembelajaran.
selain
itu
dengan
indikator
karakter | en_US |